Mindful Eating, Metode Unik Untuk Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet

Tahukah Anda bahwa makan secara perlahan merupakan suatu langkah paling penting dan ampuh untuk meningkatkan kualitas kesehatan kita. Nah salah satu teknik yang saat ini sedang populer untuk melakukan hal ini adalah mindful eating.

Apa itu mindful eating?

Mindful eating adalah metode untuk fokus dan sadar pada momen yang kita alami saat makan, merasakan apa yang dialami oleh tubuh, serta menyadari apa rasa, aroma, tekstur, dan warna dari makanan itu sendiri.

Apa Itu Mindful Eating

Untuk konsep mindful eating sendiri sebenarnya telah dikaji ulang sebagai salah satu metode makan yang mana sangat baik untuk tubuh.

Advertisement

Dengan metode ini kita dapat makan dengan perlahan dan benar-benar menghayati makanan, akibatnya tubuh jadi punya lebih banyak waktu untuk mencerna makanan dengan sempurna.

Selain itu dengan mindful eating perut akan lebih mudah terasa kenyang sehingga menghindari makan berlebihan yang dapat membuat jadi gendut.

Selain itu pada saat makan dengan perlahan, maka pencernaan pun dapat bekerja dengan lebih baik, sehingga berat badan pun akan terkendali. Berbeda apabila kita makan dengan terburu-buru, yang mana akan menyebabkan pencernaan bekerja lebih berat serta makanan pun  tidak lagi terasa nikmat.

Jadi bisa dikatakan jika mindful eating ini merupakan cara menurunkan berat badan tanpa diet yang cukup unik.

Lalu berapa lama waktu ideal untuk menghabiskan makanan?

Inti dari metode mindful eating adalah makan secara perlahan sambil menikmati rasa dari makanan.

Idealnya seseorang dapat meluangkan waktu untuk makan yakni sekitar 20 menit. Dan berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh University of Rhode Island menyatakan bahwa adanya pengaruh kecepatan makan dengan proses pencernaan makanan.

BACA JUGA  Cara Mengecilkan Paha Secara Alami

Di mana jika seseorang makan terburu-buru sehingga menelan makanan sebelum selesai mengunyah dan makan 3,1 ons per menitnya, sedangkan seseorang yang makan secara perlahan mengonsumsi 2 ons makan per menitnya.

Advertisement

Sedangkan dalam penelitian lain yang dilakukan pada wanita yang sedang makan dengan terburu-buru, yaitu menghabiskan 646 kalori dalam waktu 9 menit saja, sedangkan untuk wanita yang makan perlahan menghabiskan 579 kalori dalam waktu 29 menit.

Maka dari itu dapat di simpulkan bahwa semakin cepat kita makan, maka semakin banyak kalori yang masuk. Akibatnya kalori akan ditimbun jadi lemak di perut yang menyebabkan buncit.

Nah, apabila Anda termasuk ke dalam orang yang selalu makan dengan cepat dan terburu-buru, maka mulailah untuk makan dengan lebih perlahan. Dengan cara ini Anda akan bisa menurunkan berat badan tanpa harus diet ketat.

Tips makan secara perlahan yang baik

makan secara perlahan untuk menurunkan berat badan tanpa diet

Sebaiknya selalu usahakan untuk makan dan duduk pada ruangan yang tenang dan nyaman, hindari makan sambil mengendarai mobil, menonton televisi, apalagi sambil menggunakan gadget. Usahakan selalu fokus dan nikmati makanan tersebut.

Sebaiknya pilih menu makanan yang mengandung serat tinggi. Sehingga akan cukup lama untuk di kunyah.

Selalu beri jarak waktu antara suapan pertama, suapan kedua dan seterusnya. Usahakan untuk selalu meletakkan sendok/ garpu setelah memasukkan makanan ke mulut, kemudian tarik nafas.

Jika memungkinkan gunakan wadah makan yang lebih kecil dan ganti garpu atau sendok Anda dengan sumpit. Hal ini bertujuan agar Anda dapat makan sedikit demi sedikit.

Pilihlah rekan makan yang terbiasa makan dengan pelan atau ajak rekan yang dapat di selingi obrolan saat sedang makan

Sebaiknya tentukan durasi makan Anda selama 20 sampai dengan 30 menit dan bersantai untuk menikmati setiap suapan makan yang masuk ke dalam mulut

BACA JUGA  7 Penyebab Gagal Diet Yang Wajib Diwaspadai

Usahakan untuk mengambil makanan sedikit demi sedikit kemudian kunyah sampai dengan benar-benar lumat lalu telan.

Dengan mindful eating ini maka Anda akan terbiasa makan dengan perlahan, jadi pencernaan serta kesehatan Anda bisa terjaga dengan baik. Anda pun jadi lebih mudah menurunkan berat badan tanpa harus melakukan diet.

Selamat mencoba!

Advertisement
About Arief 21 Articles
Seorang mahasiswa yang sedang berjuang menamatkan kuliah. Penulis, weekend photographer, dan gamer musiman. Punya cita-cita traveling ke Spanyol tapi belum kesampaian.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*