Pelajari cara menjaga kesehatan Anda saat hamil anak kembar

Pelajari cara menjaga kesehatan Anda saat hamil anak kembar

Jika Anda hamil anak kembar, seorang wanita akan mendapatkan berat badan secara signifikan dan lebih dari pada kehamilan normal. Selain itu, risiko komplikasi selama kehamilan juga lebih tinggi.

Kehamilan kembar dapat digambarkan sebagai kehamilan berisiko tinggi karena risiko komplikasi kehamilan lebih tinggi. Mulai dari diabetes gestasional , tekanan darah tinggi, gangguan pada plasenta, hingga preeklamsia .

Pelajari Cara Menjaga Kesehatan Saat Hamil Anak Kembar - Alodocter

Karena itu, jika Anda sedang hamil anak kembar, Anda perlu lebih berhati-hati dalam menjaga rahim, termasuk memeriksakan kehamilan ke dokter sesuai jadwal.

Bagaimana kondisi ibu hamil anak kembar?

Wanita yang hamil anak kembar cenderung memiliki risiko lebih tinggi mengalami masalah kehamilan. Risiko ini tidak hanya terjadi pada ibu, tetapi juga pada bayi kembar yang dikandung.

Beberapa hal yang lebih berisiko bagi ibu dan janin pada kehamilan kembar adalah kelainan plasenta, berat badan lahir rendah, kelahiran prematur dan ibu yang sedang hamil.

melahirkan melalui operasi caesar.

Ibu hamil dengan anak kembar juga sering lebih cepat lelah. Beberapa wanita hamil kembar mungkin mengalami morning sickness yang lebih parah . Hal ini terjadi karena peningkatan hormon human chorionic gonadotropin (hCG) selama kehamilang ganda.

Apa saja tips menjaga kesehatan ibu hamil kembar?

Jika Anda sedang mengandung anak kembar, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menjaga kondisi Anda dan kedua janin yang ada di dalam kandungan, yaitu:

1. Istirahat yang cukup

Ibu hamil anak kembar disarankan oleh dokter untuk lebih banyak istirahat dan mengurangi aktivitas berat agar tidak cepat lelah. Namun, Anda tetap disarankan untuk rutin melakukan olahraga ringan, seperti: B. berlari di sekitar rumah, yoga atau berenang.

2. Asupan kalori dan nutrisi yang cukup

Saat Anda mengandung dua janin, Anda membutuhkan lebih banyak kalori dan nutrisi. Kebutuhan kalori harian yang perlu dipenuhi sekitar 2.700-3.000 kalori. Ibu hamil juga disarankan untuk minum air putih yang cukup untuk menghindari dehidrasi .

Selain itu, ada beberapa nutrisi penting yang harus dikonsumsi selama kehamilan dengan anak kembar, seperti protein, karbohidrat kompleks , lemak sehat , vitamin B, C, E, dan D,  asam folat , magnesium, kalsium, dan zat besi.

Untuk memenuhi asupan nutrisi ini, Anda bisa mengonsumsi vitamin prenatal sesuai anjuran dokter .

3. Menjaga berat badan ideal

Jika Anda hamil anak kembar, penting juga untuk menjaga berat badan ideal. Jangan berada di bawah atau kelebihan berat badan untuk menjaga kesehatan ibu dan anak. Pertambahan berat badan yang ideal untuk ibu hamil kembar adalah 17-25 kg.

4. Kelola stres

Stres selama kehamilan dapat berdampak negatif pada kesehatan ibu dan janin. Stres yang berlebihan telah terbukti melemahkan sistem kekebalan ibu, membuatnya lebih rentan terhadap penyakit.

Janin dalam kandungan juga berisiko mengalami gangguan kesehatan seperti berat badan lahir rendah jika ibu hamil mengalami stres berlebihan. Oleh karena itu, usahakan untuk tetap tenang, rileks, dan banyak istirahat di rumah agar Anda tidak sering stres saat hamil.

Untuk menjaga kesehatan ibu dan janin, cobalah untuk disiplin dalam menjalani pemeriksaan, mengikuti jadwal, dan mengikuti perintah dokter.

Bagi sebagian orang, hamil anak kembar bisa menjadi kebahagiaan tersendiri. Kebahagiaan akan semakin lengkap mengetahui kondisi kedua janin dalam keadaan sehat.

Oleh karena itu, ibu hamil perlu rutin memantau keadaan kehamilannya. Ikuti anjuran dan anjuran dokter agar Anda dan bayi Anda tetap sehat sejak dalam kandungan hingga setelah Anda lahir.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*