7 Penyebab Gagal Diet Yang Wajib Diwaspadai

Beberapa alasan gagal ketika melakukan diet sering kali menyebabkan orang putus asa mencoba kembali menurunkan berat badan. Kegagalan identik dengan hilangnya harapan serta kesempatan memiliki tubuh yang langsing, indah dan sehat.

Pada kesempatan kali ini kita akan bahas apa saja penyebab gagal diet yang biasanya dilakukan banyak orang sehingga nanti Anda bisa mengantisipasinya. Namun sebelumnya, pahami dulu apa sebenarnya motivasi Anda dalam melakukan diet?

penyebab gagal diet

Beberapa faktor pendorong orang melakukan diet adalah :

Advertisement
  1. Penampilan yang kurang proporsional terkadang menyebabkan orang merasa risih dengan fisik yang dimiliki. Kelebihan berat badan dianggap sebagai nilai minus fisik.
  2. Tidak percaya diri dengan tubuh gemuk. Fisik yang kelebihan bobot menjadikan perasaan minder, malu, serta tidak percaya diri.
  3. Kebanyakan orang yang memiliki tubuh gemuk rentan terhadap penyakit berisiko. Malahan menjadi penyakit berbahaya yang mematikan.

Penyebab gagal melakukan diet

Kebanyakan kasus yang terjadi, semakin orang bernafsu, berusaha gigih, ataupun terpengaruh oleh orang lain dalam melakukan diet, semakin banyak cobaan yang dialami sehingga mereka gagal menjalani program diet sendiri.

Bukannya bobot tubuh menjadi susut melainkan malah bertambah besar

Berikut ini adalah beberapa penyebab gagal diet yang harus dihindari:

1. Kurang disiplin serta motivasi

Penyebab gagal diet  yang pertama adalah kurang disiplin dan motivasi. Diet itu berhasil karena disiplin dan tahan godaan, jika Anda melanggar aturan sudah dipastikan diet Anda akan gagal.

Advertisement

Jika sekedar hanya mengurangi porsi makan namun tidak disiplin dan kurang berolahraga tentunya program diet yang dilakukan tidak bisa mendapatkan hasil yang memuaskan

2. Program diet tidak bisa dilakukan secara asal-asalan

Diperlukan konsistensi dalam menjalani program diet intensif yang dilakukan secara insiatif atau kemauan diri yang kuat. Sehingga tercapai hasil yang sesuai harapan

BACA JUGA  15 Jenis Olah Raga Yang Bisa Membantu Program Diet, Bikin Berat Badan Cepat Turun!

3. Kurang fokus

Tetapkan fokus penting dalam program diet agar tercapai kesehatan dan berat tubuh yang proporsional sehingga mendorong suksesnya program diet.

4. Banyak sekali godaan yang dihadapi ketika menjalankan program diet

Salah satunya adalah keinginan menahan diri untuk menolak makanan kesukaan yang notabene mengandung banyak kalori serta kolesterol tinggi.

5. Keliru menakar porsi makan

Penyebab gagal diet yang selanjutnya adalah salah mengatur porsi makan. Biasanya hasrat untuk cepat langsing akan mendorong orang melakukan diet super ketat. Seperti mengurangi asupan jumlah makan dalam porsi yang begitu besar secara langsung. Itu merupakan cara yang keliru menakar porsi makan.

6. Berdiet dengan terpaksa

Jangan melakukan diet dengan keterpaksaan karena akan memberikan beban mental sengsara dan merasa menderita saat berdiet. Lain halnya jika berasal dari kemauan diri pasti akan memberikan motivasi berbeda demi mendapatkan hasil terbaik.

7. Menginginkan hasil yang cepat dan instan

Penyebab gagal diet yang terakhir adalah ingin hasil yang instan-instan tanpa mau menjalani prosesnya dengan konsisten.

Acapkali orang menginginkan hasil diet secara instan atau cepat. Padahal untuk mendapatkan sukses diet diperlukan proses yang tidak sebentar. Sehingga sikap sabar dan ketekunan menjalankan diet sangat diperlukan.

Demikian beberapa penyebab gagal diet yang harus Anda hindari. Semoga bermanfaat.

Advertisement
About Arief 21 Articles
Seorang mahasiswa yang sedang berjuang menamatkan kuliah. Penulis, weekend photographer, dan gamer musiman. Punya cita-cita traveling ke Spanyol tapi belum kesampaian.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*