Apa Penyebab Timbulnya Keputihan?

Apa yang di maksud dengan keputihan? Disebut Fluor Albus dalam bahasa ilmihanya tetapi kita sering menyebut keputihan artinya kelainan pada misvi merupakan sekresi vag1nal abnormal. Penyebab timbulnya keputihan bisa di karenakan adanya infeksi atau iritasi pada daerah kewanitaan atau terasa gatal-gatal di daerah vi dan di sekitar nya bagian luar terkadang disertai rasa nyeri. Bakteri, Virus , Jamur atau Parasit dapat juga menjadi penyebab timbulnya keputihan.

Penyebab Keputihan

Penyebab Timbulnya Keputihan

Penyebab lain yang bisa menimbulkan terjadinya keputihan antara lain adalah

  • Kurangnya menjaga kebersihan secara hygienis di seputar daerah kewanitaan
  • Stress yang berkepanjangan
  • Pikiran nya tidak menentu
  • Capek atau badan sangat lelah
  • Makanan yang menimbulkan efek samping timbulnya keputihan
  • Pola hidup yang tidak sehat, kurang tidur, makan tidak beraturan
  • Lingkungan yang tidak bersih termasuk kurang menjaga kebersihan sekitar kamar mandi, air bersih kurang
  • Hormon kurang seimbang , kadar gula yang tinggi
  • Kurangnya Kebersihan pemakaian pakaian dalam, handuk, atau juga pemakaian tisu
  • Pemakaian pembalut atau panty liner yang terus menerus
  • Ganti-ganti pasangan
  • Pemakaian celana yang ketat juga bahannya dari bahan sintetis
  • Dan lain-lain masih banyak penyebab keputihan

Cara Mencegah dan Mengatasi Keputihan Yang Berlebih

Mempunyai masalah dengan keputihan sangat tidak nyaman untuk sebagian wanita yang selalu mengeluh karena seputar organ kewanitaan menjadi berlendir dan terkadang mengeluarkan bau yang tidak sedap.  Untuk Wanita yang tidak mempunyai masalah pun harusnya sudah membiasakan diri dengan merawat dan mencegah supaya keputihan tidak muncul dan daerah misvi menjadi bersih, wangi dan hygienis. Mari kita lakukan sedini mungkin sebelum semuanya menjadi telat.

Advertisement

5 Cara Mencegah Keputihan

  • Pastikan pakaian dalam yang di kenakan terbuat dari bahan katun yang dapat menyerap keringat, tidak berlembab,hindari bahan yange terbuat dari polyester atau bahan-bahan sintetic yang tidak menyerap keringat, dan selalu kering minimal dalam 1 hari 2-4 kali berganti pakaian dalam. Memakai pakaian luar kadang bisa menjadi pemicu keringat berlebih seperti celana jeans yang ketat tidak di anjurkan, pakailah yang nyaman dan mempunyai gerak untuk tetap kering, sirkulasi darah juga lancar dan daerah kewanitaan menjadi nyaman.
  • Apabila sedang mengalami masa haid pakailah pembalut yang menyerap dengan baik gantilah sesering mungkin supaya tetap kering dan tidak lembab. Jangan terlalu sering menggunakan pantyliner karena dapat menimbulkan bersarangnya jamur.
BACA JUGA  Cara Mengobati Penyakit Maag Secara Alami

Jadi gunakan pada saat-saat tertentu saja apabila memang sangat di perlukan.

Advertisement
  • Membersihkan organ kewanitaan dengan menggunakan  bahan alami seperti daun sirih  itu merupakan warisan dari jaman dahulu yang paling berkhasiat mencuci daerah kewanitaan menggunakan air daun sirih. Caranya ambilah 10 lembar daun sirih kemudian cuci yang bersih dari debu ataupun kotoran yang menempel, siapkan air yang sudah di rebus masukan daun sirih  sampai daunnya layu, campur air dingin biar air rebusan daun sirih di pakai nya tidak terlalu panas. Bilaslah daerah misvi setiap hari minimal 2-3 kali agar daerah V menjadi tetap segar dan wangi. Pakailah handuk kecil untuk menyeka supaya tetap kering.
  • Minumlah air kunyit atau yang di campur dengan asam jawa yang bisa mencegah timbulnya keputihan dari dalam, karena kunyit mengandung antibakteri . Lakukan secara rutin minimal 1 gelas sehari biasanya kalau ada tukang jamu tuh sudah siap minum jadi kita ga perlu repot-repot untuk membuatnya, enak rasanya juga ga pahit kalau ada di campur dengan air sirih juga bisa.
  • Hindari makanan seperti nanas,durian , kopi yang berlebihan , perbanyak makan sayur-sayuran seperti daun baruntas juga berkhasiat cara alami mengobati keputihan.

Demikianlah tadi ulasan kita kali ini mengenai Penyebab Timbulnya Keputihan. Semoga dapat memberikan informasi dan menambah wawasan kita. Semoga bermanfaat, terimakasih.

Advertisement
About Annisa Aprilia 146 Articles
Kontributor di situs caramanjur.com, hobi menulis dan jalan-jalan. Belum jadi dokter, tapi hobi menulis seputar kesehatan, kecantikan, dan gaya hidup. Jika ingin chating-chating atau bertanya, silakan komentar atau kontak lewat akun sosmed di bawah.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*