Perbedaan Diabetes Basah Dan Kering

Tahukah kamu Perbedaan Diabetes Basah Dan Kering? Kalau belum simak terus artikel ini ya. Diabetes adalah penyakit yang sangat berbahaya yang pada umumnya diderita oleh seseorang yang mengalami kelebihan berat badan maupun pada orang-orang yang sudah berusia lanjut. Seperti yang kita ketahui, diabetas terbagi menjadi 2, yaitu diabeter kering dan diabetes basah atau diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2. Lalu apa bedanya diabetes kering dan diabetes basah?

Ketahui Perbedaan Diabetes Basah Dan Kering disini

perbedaan diabates basah diabetes kering

Advertisement

Yang dimaksud dengan diabetes kering adalah sebuah tahapan awal dari penyakit diabetes tipe 2 atau diabetes basah. Penyakit diabetes basah terjadi karena insulin dalam tubuh sudah kebal terhadap gula darah. Dengan kata lain insulin dalam tubuh sudah mengalami kerusakan . insulin yang rusak dapat mengakibatkan gula yang massuk tidak dapat dirubah menjadi glikogen sehingga kadar gula darahnya meningkat melebihi normal. Diabetes basah  merupakan istilah yang merujuk pada diabetes tipe 2 yang masuk sebagai tahap lanjutan dari diabetes 1 atau diabetes kering. Pada umumnya diabetes sering terjadi pada orang lanjut usia, namun kini banyak juga remaja sakit diabetes. Tanda-tanda diabetes kering dan diabetes basah sebenarnya hampir mirip, yang membedakan hanyalah tahapan serta keadaan fisik si pengidap diabetes tersebut. Beberapa gejala diabetes kering dan basah adalah

tipe diabetes dan diabetes tipe

Advertisement
  1. Rasa lapar yang meningkat
  2. Rasa haus yang meningkat dan sering buang air kecil
  3. Mulut kering karena dehidrasi
  4. Nafas berbau
  5. Penglihatan kabur
  6. Otot pegal-pegal karena dehidrasi
  7. Sensitif terhadap berbagai hal
  8. Sering sakit kepala
  9. Hipertensi
  10. Muncul rasa gatal-gatal
  11. Berat badan turun secara drastis

Beberapa tanda dan gejala yang terjadi pada diabetes basah dan paling mudah untuk dideteksi adalah adanya infeksi yang sebenarnya terjadi karena luka yang susah mengering.

Advertisement
BACA JUGA  Cara Mengobati Luka Akibat Diabetes Basah
About Annisa Aprilia 146 Articles
Kontributor di situs caramanjur.com, hobi menulis dan jalan-jalan. Belum jadi dokter, tapi hobi menulis seputar kesehatan, kecantikan, dan gaya hidup. Jika ingin chating-chating atau bertanya, silakan komentar atau kontak lewat akun sosmed di bawah.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*