Tanda Awal Kehamilan Sebelum Telat Haid

Tanda tanda Kehamilan Sebelum Terlambat haidCiri2Oranghamil.com,  Tanda awal kehamilan yang biasa di gunakan oleh mayoritas orang adalah ketika sudah telat haid. Biasanya, hal ini di jadikan patokan meski tak selamanya akurat. Apa lagi jika anda adalah keluarga baru yang sangat ingin sekali segera menimang buah hati. Tentu rasa penasaran anda akan selalu mendorong untuk memperkirakan segala tanda dan gejala yang ada. Tujuannya apa lagi kalau bukan untuk mengetahui apakah sudah terjadi pembuahan atau belum..apakah ini termasuk ciri ciri orang hamil apa bukan? mungkin sejuta pertanyaan ada di kepala anda.

Keinginan dan rasa penasaran yang kuat tentu akan mengikis kesabaran anda. Bahkan ada beberapa orang yang saking tak sabarnya menunggu tanda telat haid, berusaha mencari informasi tentang tanda awal kehamilan sebelum telat haid. Mungkin termasuk anda yang membaca artikel ini. Lalu, apakah mungkin mengetahui tanda awal kehamilan sebelum telat haid? Semua itu mungkin, meski cukup sulit dan tak selalu akurat.

Hal tersebut di sebabkan karena sebagian besar gejala tanda kehamilan, hampir mirip dengan gejala pra-menstruasi / PMS. Adapun beberapa gejala yang banyak memiliki kesamaan antara tanda-tanda kehamilan dan tanda tanda pms adalah terjadinya kram perut, timbulnya bercak, kelelahan, dan lain sebagainya. Intinya, secara umum mengetahui tanda awal kehamilan sebelum telat haid itu sulit.

Hal termudah dan paling simple adalah menunggu hingga anda mengalami telat haid. Bila itu terjadi, kemungkinan besar anda tengah mengalami kehamilan dengan usia kehamilan sekitar 3 minggu. Tapi usia ini hanya sekedar perkiraan secara garis besar. Karena hitungan pasti berapa usia kehamilan anda, hanya dapat di ketahui jika anda juga tahu kapan tanggal pembuahan terjadi. Tapi secara umum, pembuahan atau ovulasi terjadi sekitar 14 hari sebelum menstruasi berikutnya. Dengan spekulasi perhitungan ini, maka dapat di asumsikan usia kehamilan anda sudah sekitar 3 minggu ketika anda mengalami telat haid pertama kali. Anda dapat perkirakan dengan menggunakan kalkulator masa subur di bagian kanan halaman ini.

Tapi jika anda tetap penasaran dan memaksa untuk tahu tanda awal kehamilan sebelum telat haid, maka tanda-tanda di bawah ini dapat anda coba untuk di jadikan acuan.

Ini Dia Tanda Awal Kehamilan Sebelum Telat Haid

Tanda Awal Kehamilan Sebelum Telat Haid pms

Suhu tubuh meningkat

Setelah proses ovulasi, tubuh akan mengalami kenaikan suhu tubuh basal. Efek ini terjadi karena meningkatnya pelepasan progesteron. Tapi sebaliknya, bila pembuahan tidak terjadi suhu tubuh akan mengalami penurunan. Hal tersebut di karenakan dari efek kadar progesteron yang menurun. Tapi hal ini sangat sulit untuk di ketahui secara mudah. Jadi banyak sebagian orang yang tak memperdulikanya.

Bercak implantasi

Bercak implantasi adalah bercak merah, merah muda, atau kecoklatan yang biasanya muncul setelah terjadinya pembuahan. Setelah zigot menempel pada dinding rahim(membuahi sel telur), maka bercak ini biasanya akan timbul. Tapi tanda ini tak selamanya pasti, karena kemungkinan hanya 1/3 wanita saja yang mengalaminya.

Kram implantasi

Pada awal kehamilan, para wanita akan banyak yang mengalami kram implantasi ini. Biasanya, mereka akan mengalami nyeri pada perut bagian bawah. Kram ini sering juga terjadi menjelang masa haid. Jadi, karena mirip, banyak wanita yang tidak menyadarinya karena sulit di bedakan.

Perubahan pada area p4yud4ra

Setelah terjadi pembuahan, biasanya wanita akan mengalami beberapa perubahan pada bagian fisik tertentu, salah satunya adalah area (*ma’af) p4yud4ra. Salah satunya adalah bentuk p4yud4ra yang terlihat lebih membengkak dan lebih berat, serta rasa sakit pada p4yud4ra. Area put1ng juga mengalami peningkatan sensitifitas dan daerah sekitar put1ng akan terlihat lebih gelap. Tapi perubahan ini akan mulai terlihat sejak 2 minggu setelah terjadi pembuahan.

Kelelahan

Perubahan kadar hormon yang terjadi ketika proses pembuahan, juga akan menyebabkan tubuh anda terasa letih dan kelelahan. Ini juga biasa terjadi di masa awal kehamilan.

Sering buang air kecil

Hal ini terjadi karena efek yang di sebabkan karena pembesaran rahim. Karena setelah terjadi pembuahan, tubuh akan mulai beradaptasi untuk mempersiapkan perkembangan janin. Karena rahim mengalami pembesaran, maka kandung kemih akan terkena dampaknya. Rahim yang membesar akan membuat kandung kemih sedikit tertekan hingga membuat wanita yang mengalami masa awal kehamilan akan sering ingin buang air kecil.

Selain beberapa gejala di atas, terkadang ada juga beberapa gejala lain yang di alami. Seperti mulas, ingin makanan tertentu (ngidam), sakit kepala, gangguan pencernaan dan juga sembelit, kadang juga dapat menjadi tanda awal kehamilan seseorang. Meski pada faktanya, tidak semua wanita mengalaminya.  Semoga sedikit ulasan tentang perbedaan tanda tanda kehamilan sebelum terlambat haid dengan tanda-tanda pms ini bisa sedikit memberi pencerahan pada anda.

218 Comments

  1. Slmat mlam…dok saya dlu prnah kguguran mgkin udh dpat 1thun..saya udh kiret..tpi saya tidak KB
    Sampe skrang udah 1thun lebih saya belum hamil…gmna dok cara nya biar saya cepet hamil…

    • dok mau nanya ne…
      stelah mlakukan hubngn shari setelah itu mentruasi datang…
      apkah bisa hamil stelah mentruasiny datang tp tanpa mlkukan hubngn stelah haid………..
      trimaksih dok…
      mhon pencerahannya….

      • Salam kenal dok. Sya menikah sudah 6bulan, dan sya skg merasa mudah lelah dan malas ngapa”in, pinggang juga sakit, pusing dan kram perut, tapi sya blom waktunya haid kurang 1 minggu, mau sya test takut negatif
        Sedangkan minggu ini mau pulkam…
        Pertanyaan saya apakah ada kemungkinan saya hamil, dan apakah tidak berbahaya jika melakukan perjalanan jauh klo misalnya saya sudah hamil, mohon jawabannya dok…

      • Salam kenal dok. Sya menikah sudah 6bulan, dan sya skg merasa mudah lelah dan malas ngapa”in, pinggang juga sakit, pusing dan kram perut, tapi sya blom waktunya haid kurang 1 minggu, mau sya test takut negatif
        Sedangkan minggu ini mau pulkam…
        Pertanyaan saya apakah ada kemungkinan saya hamil, dan apakah tidak berbahaya jika melakukan perjalanan jauh klo misalnya saya sudah hamil, mohon jawabannya dok…

    • Dok tgl 9okt saya haid.trs tgl 7november saya haid hanya 2hari trjadi haid deras tgl 12november.dan sekarang desember saya blm haid apakah saya hamil ya dok,
      Apakah berarti haid saya teratut??

  2. dock saya mau tanya , istri saya telat datang bulan 9 hari , dan ada gejala-gejala seperti mual-mual , pusing , p4yud4ra jadi sensitif , apakah hamil dok ,,,??

    • ya kalau sudah telat sampai 9 hari dan mengalami gejala-gejala kehamilan yang umum, kemungkinan memang hamil. coba saja di tes.

  3. Dok saya sudh mnglami tlat haid slema 2minggu terakhir n kmrin saya ada bekas bercak kecoklatan apakh mungkin itu tnda tmda khmilan

  4. saya udah telat 5hari trus sebagian tanda2 di atas udh sy alami..yaitu sering buang air keci kram di perut dan tdi keluar bercak..
    tpi ko q jarang mual2 yach apakah saya hamil apa cma mau mens…
    bingung

    • apa biasanya selalu tepat waktu mensnya? kalau iya anda bisa curiga kalau anda sedang hamil muda saat ini, tunggu saja beberapa hari lagi dan kalau belum mens juga lakukan tespek.

  5. Pagi dok saya mau tanya saya kemarin hari senin coba test pack terus hasilnya positif dan hari kamis jg positif…apa saya hamil ya dok soalnya saya belum periksa ke dokter dok.

    • kalau hasilnya positif, selamat anda sedang hamil muda, sebaiknya segera periksakan ke dokter untuk memastikannya sekaligus memeriksa kesehatan kandungannya

  6. dok sya sudah telat mens nya 2minggu lebih, pas d tes pack hasil positif tapi tidak ada bercak drah sedikit pun dok apa itu normal do

    • Selamat ya bu. ya itu normal2 saja bu, banyak kok ibu hamil lainnya yang bahkan tidak merasakan gejala kehamilan sama sekali, tahu2 sudah buncit saja.

  7. sore dok…saya bingung dok harusnya saya tgl 11 des 2014 mens tapi sampai saat ini saya belum mens,tapi saya hanya mengalami ngantuk dan bermalas2an aj dok trus sudah saya coba juga cek tgl 16 des lalu itu negatif apa yang sedang terjadi di diri saya dok,mohon penjelaan nya terima kasih.dok

  8. Dok,saya akhir2 ini sering pusing perut jg trasa keram, pa4yud4ra saya jg sensitif ukurannya agak besar ,apakah itu tanda2 kehamilan?

    • ya itu sebagian dari ciri-ciri orang hamil, apa anda sudah telat mens juga? kalau iya coba lakukan tes kehamilan, bisa sendiri pakai alat tes kehamilan yang banyak dijual di apotek.

  9. Saya flek tgl 4 des, terus Keluar darah spt men’s sd tgl 7 des. Tgl 8 des lgs berhenti dan bersih. Terapi p4yud4ra saya sakit sampai dengan skrg tgl 18 des. Apa ada kemungkinan saya Hamil dok. Thanks…

    • itu cuma satu dari tanda2 hamil, jadi tidak bisa jadi patokan yang jelas, silakan dicermati apa ada tanda2 yg lain sambil menunggu waktunya mens berikutnya.

  10. Salam kenal dok…sya mw Tanya dok seharusnya tgl 11 des 2014 sya datang bulan…tp hingga saat ini blm jg…sebelumnya siklus haid sya teratur.. Selama seminggu ini yg sya rasakan…punggung bawah terasa sakit hingga susah tidur mlm selama 3 hri..kemudian mual tp tdk sampai muntah..sering kram dibagian perut bawah..dan mlah skrg keputihan bertambah dok..kemarin sempet testpack Tp hasilnya negative..APA sya hamil dok..sya jg mengalami lemas..Dan males untuk aktivitas Dan p4yud4ra nyeri..dok?? Trimakasih sblmnya dok.

  11. Pagi dok..saya mau tanya,tgl 10 Nov yang lalu saya haid,berakhir d tgl 17 Nov. Sekitar tgl 24 Nov saya ada bercak darah kecoklatan sedikit selama 2 hr. Dan sminggu kmudian sy mngalami 6 dari 10 tanda khamilan terutama pusing yg sangat,mual” , dan sdikit kram dperut ( tgl 1 Des ). Tgl 5 Des sy tespack tp hsl nya negatif. Mual” tp tdk bgitu sering trs berkelanjutan. Sminggu kmudian ( Tgl 12 Des ) sy tespack lg tp hasil masih negatif. Dan td pagi sy tespack lg hasilnya juga negatif dok,,smpai saat ini saya blm mngalami haid dan masih merasa mual” terutama tiap pagi, Kira” apa yang sy alami skrg ini dok.. Terimaksi dok.

  12. Dok,saya harusnya datang bulan itu di akhir bulan terus. Waktu selesai mensnya akhir bulan november,saya berhubgn dgn suami saya. Tanda2 di atas menunjukan semuanya belakangan hari ini,saya juga telat datang bulan. Saya coba beli test pack waktu hari senin dan rabu kemarin,hasilnya positif dok. Apakah saya hamil dok? Mohon sarannya dok

    • ya, kalau anda mengalami gejala kehamilan pada umumnya seperti pada artikel dan anda tes kehamilan juga positif, artinya anda sedang hamil, selamat ya bunda, semoga sehat selalu sampai melahirkan nantinya, sebaiknya segera periksaka rutin ke dokter kandungan

  13. Siang dok mf ini saya mau tanya td stlh saya htung d kalkulator masa subur saya akn melahirkan d bln september 2015 jd januari tnggl brp saya harus tes khmilan dok…trima kasih

  14. Dok saya mau tanya..tgl 24 des saya tes positif trus tgl 26 saya kluar drh n mengalami nyeri yg begitu sakit diperut.. N keluar darah bnyk.. Tp hari ini drh berkurang n dikit keluar.apa saya k guguran dok… Krn setahu saya kalau kgguran kt pndrhannya 2mgu..Sya bingung tlong pnjlasanya dok

  15. Salam kenal dok,saya terakhir mens tgl 9des 14…tgl 15 saya berhbngan dengan suami,tgl 16 des saya lepas kb iud saya.seminggu kemudian mulai muncul gelaja p4yud4ra saya kluar cairan mirip ASI padahal selama ini blm pernah seperti itu.kmudian p4yud4ra juga terasa mengeras,perut bawah kram,produksi air liur juga meningkat…..pertanyaan saya dok…apakah ada kemungkinan saya hamil…atau efek lepas kb iud saja.terimakasih dok

    • tanda-tanda hamil memang mirip seperti mau PMS, dan setelah lepas KB itu butuh waktu untuk normal lagi siklus hormonalnya, namun banyak juga yg begitu lepas Kb langsung hamil, jadi pantau saja beberapa hari ini, kalau masih muncul gejala kehamilannya, sebaiknya lakukan tes kehamilan

  16. dok.. saya mau bertanya, kalau berkenan mohon dijawab. saya melakukan hubgn wkt masa subur, h+3 menstruasi sktr seminggu yg lalu. kemudian kemaren melakukan hubngn lagi dan stlh itu keluar bercak darah. apa itu tanda kehamilan ? atau itu darah menstruasi krn mmg shrsnya saya menstruasi pd sktr akhir bln. untuk mual2 krn mmg saya punya penyakit magh dan srg kambuh jd sy tdk bsa membedakan mual krn hamil apa bukan. terimakasih sebelumnya dok 🙂

    • tanda2 hamilnya kurang signifikan yah, namun perhatikan saja kalau beberapa hari ini masih terasa atau malah bertambah ciri2 hamil yang dirasakan, bisa lakukan tespek.

  17. Dok..mau tanya ne..saya terakhir mens tgl 19 desember..trus melakukan hubgn..sudah 3hari ini saya merasakan pusing..perut terasa penuh..p4yud4ra nyeri terkadang mual tapi saya tes pack hasilnya negtf..itu gmnana dok..

    • mungkin saja itu tanda2 PMs, coba tunggu sampai haid berikutnya bulan ini, kalau telat sampai 1 minggu atau 10 hari, coba lakukan tespek

  18. Dokter mohon jawaba ny, kami pasangan suami istri yg jarang brhubngn di krnakn tugas kerja yg berbeda tempat, terakhiir saya brhubngn sm istri saya tgl 21. Bln des, dn sudh 2mgu lebih dia mengeluh p4yud4ra kenceng sakit bget, dn 1mgu yg lalu saya minta istri saya tespack tp hasil ny negatif dok, tp smpe sekarang dia masih ngeluh kalo p4yud4ra ny sakit bgt, dn td sore dia kasih tau saya klo ngeluarin bercak merah dikit banget dok, apakah bs di pastikan tes kehamilan melalui tespak lg akn di ketahui setelah bercak merah kluar dok? Krna migu kemaren hasil ny negatif dok?
    Mohon solusi ny dokter, trimakasih

    • apa sudah telat mensnya? dan apa mensnya biasanya teratur? klo nggak teratur telat mens tidak bisa dijadikan patokan. klo belum mens2 lagi, coba tespek lagi dengan coba merk yg lain dan gunakan air seni waktu bangun pagi.

  19. maaf.,,dok. saya mau tanya sdah satu bulan saya tlat haid setiap pagi saya mrsa mual,,tp saya berhbngan dngan suami syah di kluarin. di luar apakah itu tnda kehamilan??

  20. salam kenal dok,,saya ibu rumah tangga sudah memiliki 3 orang putri. biasanya menstruasi saya maju beberapa hari setiap bulan dan lamanya sekitar 10hri, terakhir sya mens akhir november. hingga awal januari ini sy blm jg mens.saat ini sy menggunakan kb iud. gejala yg sy rasakan beberapa hari ini perut kembung dan rasa malas, lelah serta sering ngantuk. saya berharap ini hanya gejala PMS mengingat usia saya akan menginjak 41 thn bulan depan. pertanyaan saya, jika seandainya saya hamil apakah aman jika hamil di usia 41 thn? apakah jenis kelamin janin bisa diset secara medis atau mungkin ada cara yang alami? dan, saya pernah mendengar istilah “p1l k0ndar”, diusia kehamilan berapa pil tersebut efektif digunakan dok?…terimakasih sebelumnya atas kesediaan dokter menjawab pertanyaan saya yang sedang khawatir hamil ini dok…..

    • kalau hamil diatas umur 35 tahun memang sangat beresiko, kalau emang hamil harus terus dan rutin periksa kandungan ke dokter untuk dipantau.

  21. Mf dok sy mo tny..sy psngn yg br mnkh bln agsts kmrn,emang sich mens sy krng tratur, tp jeda mju mndurny itu kl g 1 / 5 hr, tp kmrn sy trkhr haid tgl 6 dsmbr n smpe skrng sy blm dtng bln lg,bbrp mnggu trkhir suhu bdn sy mngkt,prt krs,p4yud4ra skt n stlh brhbngan dng suami psti mrsa psng,kmrn sy cek hslny grs k 2 samar,apa itu bs d otln positif dok..mhn pnjlsn ny..trmksh sblm ny..

    • kalau hasil tespek ada 2 garis walau samar, mungkin anda sedang hamil, coba dites lagi dengan urin setelah bangun pagi agar lebih sensitif, atau bisa coba tespek lain yang lebih bagus

  22. Helo doc mau nyanyA apa bner sih kalkolator nya?msa haidnya bulan lepas. Tnggal 25 hingga 27 ..jdi dhitung dLam bulan ani waktu haidny 5 jan hingga 9 jan..tpi sy ngak mcM ngak percya gtu.. maaf ya doc kmi mlakukan hbngan tanggal 29 Dec maaf. DOC CUman mau kpastian

  23. Dok, saya mau tnyak,, ni saya mengalami kram di perut, pinggang saya pegal, kaki saya rasanya lemas dok, dan bawaannya ngantuk ajj.. Apa itu tanda kehamilan dok? Tapi saya belum telat haid

  24. Maaf dok saya ingn brtnya..saya sering buang air kcil,perut sya sering terasa sakit,p4yud4ra saya juga sering sakit..saya suka malas2 an dn sering lelah tp saya blm tlat haid dok..trkhr sya brhbngan dngn suami saya tnggl 1januari trkhr saya brhnti haid tnggal 22 desember mhon solusi.a dok

  25. Siang dok,saya mau tanya sudah 3bln haid saya sllu maju 2hr,tp bulan ni ga.haid terakhir bln desember tgl.14 stelah sya tunggu tnyata sya tdk haid.skrg saya sering kencing,da gejala pms tp p4yud4ra saya yg sakit sebagian put1ngny saya Dok..apa saya hamil Dok?

  26. Mlm dok. Saya mo tya apa bner saat ni saya sdg hmil…trkhir saya mens tgl 16 des14. Smpe skrg saya blm mens. Dan tnda2 spt org hmil saya rsakan dah smggu lbh. Tapi blm saya tespack…mksh ats jwbnya

  27. Siang dok,sya mau tanya, bl des sya m tgl 8-14,trus msh bln des sya m lgi tgl 27- 3 januari.
    sejak tgl 11 jan,sya mulai ngrasa g enk bdn, cpet lelah,b.a.k sering,kdang kram prut bwah,tpayudra skit,. Pinggang & punggung sakit yg gak pernh sya alami slma ini ,trus tgl 16 sya tespack negatif,smpe skrg msih ska kram prut,pyudra skit,cpet lelah & ngantuk,apa mgkn sya hamil & hcg sya rendh?
    Tapi biasanya sya m di awal bln sja sktar tgl 8/9/10/11, apa sya nggu tgl 27 lgi,?

    • ya coba saja ditunggu beberapa hari lagi dan kalau belum mens lagi dan masih merasakan gejala yang sama bisa coba lakukan tespek lagi pakai urin setelah bangun pagi.

  28. Siang Dok..mau tanya istri sy tkhir mens tgl 28des tp cm 1hr n kluarny nrmal ..bln ini istri sy srg pusing nperut kyk begah n put1ng ss menonjol apa istri sy hamil y dok..mksh…

    • kalau biasanya tepat waktu datang bulannya, bisa ditunggu sampai waktunya mens berikutnya, sambil memperhatikan tanda2 hamil lainnya

      • siang dok
        dok saya haid tgl 17 agustus tp sekarang aqu sering mual,,,,p4yud4ra say sakit apakah say hamil dok,,,,bawanya laper terus kalau saya TP udh bisa keliahatan blm ya dok mksi

  29. Siang dok..
    dok, siklus haid 28 hari, awal haid 23 desember 2014. Tgl 22 jan 2015 saya tespek negatif, tgl 23 saya keluar darah sedikit tp tgl 24 januari 2015 sudah berhenti..
    apakah saya hamil dok ?
    Mohon pencerahanya, trimakasih..

  30. Slamat siang,dokter.saya haid tgl 1des,skarang sy blom waktunya datang haid,tp jadi keputihan perut kram,sakit,badan mudah lelah,makan jadi napsu maunya makan terus,tp badan ga kliatan gemut,terlihat membesar perut bawah saja,punting ss jadi hitam dan membesar,apa sy harus tunggu lagi smpe tgl berapa sy test urin?.

  31. Ass dok.sya mau nanya..Kram perut bagian bawah,p4yud4ra sakit+membengkak,bawaannya pengen males”an terus…aPakah mungkin sya sedang hamil…pms suka teratur paling mundur 2 hari…sya pms bln kmrin tgl 26

    • sebagian besar ciri2 orang hamil itu mirip dengan ciri2 mau PMS. jadi kalau anda biasanya tepat waktu haidnya, sebaiknya ditunggu sampai waktunya haid, kalau terlambat 5-7 hari,coba ditespek

  32. Dok sya mau tnya..aturan sya haid bln ini tgl 12.tapi saya tunggu2 haid nya tdk dtg juga. biasanya stiap bln sya dtg haid. Sya coba tespeck di tgl 15 pkai tespeck yg sdah kdaluarsa hsil ny positif. Tapi tgl 23, 24, sya mngeluarkan flek drah khitaman kluar dri v4g1na. Dan tgl 25, ,perut saya mulai sakit sperti skit prut pda wkt haid skitnya. Tetapi drah nya kluar wrna mrah sgar kdng khitaman. Pdahal sya brhubgn dgn suami sp3rma tdk prnh dimsukin pda saat brhubngan kmaren. Kira2 sya knp ya dok. .apakah sya sdng hamil atau tidak

    • kalau anda tespek 2 garis kemungkinan hamil, namun kalau terjadi pendarahan sebaiknya anda periksakan ke dokter kandungan terdekat

  33. “♏αLαм dok,,saya ♏ªυ̲̣̥ tanya,,saya udah hampir 2.minggu sering ß⌣ªª⌣и̲̮̣̅ ̥̊ƍêt buuang air kecil,,dn p4yud4rah sya tmbh membesar,,dan sensitif ß⌣ªª⌣и̲̮̣̅ ̥̊ƍêt ,dh gt sy juga mls”.an + gampang ß⌣ªª⌣и̲̮̣̅ ̥̊ƍêt ngantuk ,ap it tnd” khmilan dok,,mksh

  34. Hy dok,,,mf ganggu,,,sya mau nanya ,,,sya udh telat dtg bln 10 hr,,,biasa nya ngk prnah,,,biasa haid nya lancar cma lbh maju 3 hari,,,tp sya cma mrasakan kram prut,,,tdk ad tnda2 khmilan yg lain,,,trakhir dtg bln,,,stlah 2 mggu dtg bln sya mnglami kluarnya flek hitam,,,itu prtanda ap ya dok,,,,mohon jawaban nya ya dok,,,,trimakasih dok,,,

  35. dok mau tanya bulan des kmrn tgl 10 saya dpt haid pdhl setiap bulan biasa dpt di tgl 20 an , setiap bln jadwal kb saya itu tiap tgl 21 an ikut yg 1 bln sekali suntik , tapi saya kelupaan 24 desember saya berhubungan sprti biasa trs tgl 26 saya suntik kb aja , saya bln januari ini jatuhnya tgl suntik 23 januari tapi saya msh blm berani suntik , kmrn tgl 25 januari keluar bercak darah sedikit doang lgsg saya tes pake tespack hasil tetap negatif , 26 januari saya berhbgn lg setelai usai berhbgn kelar darah dibarengi maaf sep3rma suami saya , mnrt dokter bolehkah saya suntik kb lg sementara saya msh blm dpt haid dibulan ini sampai tgl 27 januari ini ?

  36. Selamat pagi dok. Mau tnya. Sy punya rwayt menst yg tdk teratur bln oktober syg mens tgl 10, bln novembr tgl 4, dan bln desember tgl 14. Smpai skrg sy blm menst jg. Badan sy sering teraba panas pdahal tdk sdg skit. Perut sama pantat sy terlihat lbih menonjol. Apakah kemungkinan sy hamil dok? Trima kasih dokter?

    • klo yang haidnya tidak lancar susah untuk menjadikan terlambat haid itu patokan, namun kalau sudah lama belum haid juga, coba di tespek, kalau tetap neagitf, sebaiknya periksakan ke dokter untuk konsultasikan masalah haid anda

  37. dok aq mauuu tanya….akuu kan hpht kmren tgl 10 januari…siklus 28 hari…dn sllu teratur…
    dri 5 hri kmren prut bawah kram,pungung jg sakit…pusing kdang kadang….apa ini tanda awal kehamilan bukan dok..

    • itu memenag sebagian kecil dari tanda-tanda hamil, kalau haidnya lancar, sebaiknya tunggu sampai waktu haid berikutnya, kalau telat sampai 7 hari, kemungkinan besar hamil, bisa ditespek nanti.

      • Dok saya sudah telat 6 hari, p4yud4ra saya membesar, perut sya sakit seperti gejala ingin haid tapi rasa itu kadang muncul kadang tidak, saya bawaannya ingin makan terus itu kenapa ya dok, gejala hamil atau bukan?

  38. Ass Dok, salam kenal ya ..
    Saya mau tanya nih dok,, des kmrn sya M tgl 12des14 trs di Jan 2015 sya sudah M lgi tgl 6 jan slsy 10 jan, dan di tgl 24 jan kmrn pas saya lagi buang air kecil itu keluar darah tapi setelah itu smpai skrg ga kluar lagi dok, itu knp ya dok ?? Mohon jawaban nya ya dok !!

  39. Knp ya Dok saya slalu dtg haid lebih awal bisa maju hingga 4hri bhkn smpai maju seminggu?? Apa itu normal Dok ?? Sudah 1thn menikah tapi belum hamil juga 🙁

    • ya itu termasuk haid yang tidak teratur, coba kurangi stres, dan konsultasikan ke dokter untuk periksa apa ada masalah pada organ reproduksi anda

  40. dok , saya mau tanya . bulan januari kemarin saya datang bulan dari tanggal 8-14 . tapi , pada tanggal 27 sampai sekarang , saya keluar flek berwarna kecoklatan dan dengan jumlah yg sedikit . fleknya juga terkadang keluar dan terkadang tidak . sebenarnya apa yang terjadi dengan saya dok ? apa saya hamil ? atau cuma gejala pms ?

  41. Siang dok,sya mau tanya,kan prnh konsul ke dokter kandungan, tgl 21-29 des itu masa subur dan stelah hub. Tgl 21 dan tgl 23 hbis tu put1ng susu itu rasanya sakit klo dipegang? Itu kenapa ya dok??

    • coba dirasakan apa ada gejala dan tanda2 hamil lainnya, kalau ada bisa jadi anda hamil, kalau belum ada bisa tunggu sampai terlambat datang bulan

  42. Maaf nih dok mau tnya lagi,, knp ya dok saat haid 4nus suka terasa nyeri ??
    Dan knp setiap saya habis berhbgn mlm hari pda awal nya sp3rma nya tdk kluar tapi stelah pagi atau siang hari itu suka kluar lagi ??

  43. siang dok,mau nnya seminggu yg lalu saya berhbgn sma suami pas selesai haid.sekarang suhu badan sya naik udah 3hri ditmbah pusing jg,selama 3hri itu jg sya keluar bercak kecoklatan,tapi p4yud4ra sya biasa2 aj tidak ada rsa nyeri ataupun membesar.apa itu termasuk tanda2 kehamilan dok?mohon penjelasanya,terima kasih.

  44. Mlm Dok,may nanya bgn Dok,kok bs ya Dok saya haid sblm jadwal hair berikut duluan 1 hari tp warna nya sdkt cokelat keluarnya jg sedikit-sedikit Dok…

  45. Selamat pagi dok..menstruasi saya waktu itu tgl 10 januari berakhir 15 januari..tanggal 16 saya langsung berhbgn dgn suami saya…setelah itu pas awal februari mual lemes,muntah, tanggal 4 ferbruari saya iseng beli tespek merk SENSITIP d coba di pagi hari hasilnya Fositip yang satu jelas banget,yg saatunya lagi samar gtu lah dok..

  46. Temen saya wanita dia berusia 16 tahun, dia bertanya apakah saya hamil? Dia biasanya haid pada tanggal 28-29, dan dia hait bru pada tanggal 5 februari, dia pernah melakukan hbgn dengn pacarnya, tapi pacarnya tidak pernah merasa ngeluarin sp3rm di dlam, tanda2 hamilnya seperti muntah,kram perut setelah muntah, perubahan pada p4yud4ra yg seperti lembut, apakah itu bisa dikatakan hamil dok?mohon dibalas ya dok, kasihan temen sya masih panik dok

  47. dok saya mau tanya saat ini sya lgi berobat sakit flek paru2 apabila nanti saya hamil appakah ada pengaruh nya sma kandungan. trtima kasih

    • kalau dalam pengobatan sebaiknya konsultasikan ke dokter, karena obat akan mempengaruhi janin bayi kalau sedang hamil

  48. Pagi dok saya mau tanya biasanya tgl25 sy udh mens dok tp smpe skating sy blm mens,tp tanda tnda hamil sperti Brcak darh sm mual itu gx ada dok,hanya susu sy yg jd sensitif..apa kah sya hamil dok ?? Mohon jawabannya ya dok.

  49. dok sy mau nanya.. sudah 1 minggu ini.. badan saya sering lemas, suhu tubuh agak panas tiap pagi.. perut sering laper..sering kencing2 juga..mual2 tp g bisa di muntahin.. hampir semua tanda2 diatas sy rasakan semua kecuali keluar darah implantasi.. tgl 6 feb sy harus nya haid… sy sdh coba TP 3x hasil nya masi negatif.. lalu sy coba ke spog dekat rumah untuk usg.. hasil nya juga g keliatan apa2 di rahim.. mohon dok pendapatnya.. apa yg harus sy lakukan..trma kasih

    • kemungkinannya sangat kecil ya karena sel telur sudah runtuh waktu mens, dan perlu waktu hingga masa subur untuk telur matang lagi

  50. Dok,
    Teman saya sdh telat mens 1 minggu. Kemaren di periksa ada 2 garis. Satu jelas. Satu nya masih ada samar samar gitu. Tanda tanda nya cepat lelah sama kram di perut bagian bawah spt mau haid. Apakah itu hamil dok?

  51. Dok saya mau Tanya . temen saya pernah berhbgn tanggl 9 dan pada tanggal 12-13 temen saya keluar flek . padahal aturan dia PMS tuh tanggal 17-19 . dan badan dia terasa pegel” dan sering buang air kecil . apa temen saya hamil ?

  52. Dok saya mau tanya tanggal saya mens suka ga tepat waktu kadang awal bulan, pertengahan ataupun akhir bulan, waktu itu saya mens tgl 10 nov, tapi bulan berikutnya tgl 16 des, berurutan sampai bulan berikutnya, tapi tgl 16 sekarang saya belum mens dok, tapi kemaren2 saya sempat demam,pusing dan mual dan kram perut, apa itu tandanya saya hamil atau hanya telat mens saja dok ?

  53. Dok, mau tanya donk, saya dtg bulan dr tgl 29jan-05febr.. habis itu ad berhbgn sama suami setiap 2hari sekali. dari tgl 12febr kemarin nafsu makanku bertambah besar sehari bisa 4x belum ngemilnya karena bawaannya laper terus. hari ini badan rasanya lemas dan PD jg agak sakit,apakah itu bisa dikatakan hamil dok??
    mau TP takut hasilnya -, sedihhhh

  54. Pagi dok?..slm knal..sy mo nanyk, biasa sy dtng bln tgl7 klo gak tgl9.sllu tratur.dan bln skrng ni dri tgl 1 p4yud4ra mmbengkak bsar put1ng sngat glap dn sngt sakit,sensitif.prut kram,mual klo da bau” sensitif,sring” kencing,punggung sring sakit.smpai skrng dh 10 lom haid.tgl11 kmaren sy iseng taspeck.dn hsily 2gris tpi yg stu smar”.apakh itu tnda” hmil..mhon penjlasannya?..mkasih

    • kalau 2 garis kemungkinan besar anda memang hamil. coba lakukan tespek lagi dengan menggunakan sampel urin setelah bangun pagi.

  55. dok mw tanya,
    desember haid tgl 21 des 2014,
    januari haid tgl 16 jan 2015
    februari belum haid

    sudah coba saya tespek 4x hasilnya 2garis(positif)
    apa saya hamil?

    makasih

    • kalau 2 garis tandanya positip hamil bunda, selamat yah, segera jadwalkan untuk periksa rutin ke dokter kandungan bersama suami anda

  56. Salam kenal dok,
    saya mau tanya, haid saya saat ini selalu maju 3-5 hari saya terakhir haid tanggal 15 januari – 19 januari sampai kemarin saya tidak haid, saya merasakan mual,p4yud4r4 mengeras dan nyeri selama hampir satu minggu lebih dan setelahpada tanggal 18 februari ini saya mengeluarkan darah? Apakah itu tanda kehamilan dok.. terima kasih dok

  57. Selamat mlm dok.
    Bgini trakhir sya mens itu tgl 8 february smpai tgal 12.
    Kmudian pda tgal 14 sya mlakukan hbgn.
    Tapi. Saat itu sp3rm4 tdak d kluarkan d dlm.
    Yang ingin sya tnyakan apa kh akn hamil atau tidak..
    Mohon d jawb ya bu..
    Trimaksih

  58. Dok.mau tnya.sya psngan bru nikah 4bln -+ . bln kmrin sya kira akan hamil tpi trnyta saya haid jga.sya coba lg bln in brhubngan 1mnggu 4kli .. Ap ad kmngkinan saya akan hamil ?Trima kasih dok mhon untuk d bantu

  59. Salam dok ,,,,saya mau nanya dok ,saya terakhir mens tgl 25 januari 2015 tros tgl 16 februari 2015 saya dapat bercak darah cuma 2hr ,,saya juga mengalami tanda2 kehamilan ,,apa saya hamil dok ?

  60. dok sy mau tnya…
    apa setiap wNita hamil pasti merasakan gejala” kehamilan itu.. dan apa wanita hamil jg merasakan p4yud4ra yg.sensitif saat tersentuh…??
    termksh..

  61. .dok waktu itu saya telat 1 mnggu….. saya merasakan kram di perut , mual,pusing, tapii dok setelah lewat 1 mnggu sayaa menstruasi.. saya sedih sekali… itu karna apa ya dok??
    mohonn jawabn nya dok…
    thank

    • ya tanda2 hamil itu memang sebagian besar mirip dengan tanda2 mau pms. jadi terus semangat berdoa dan berusaha, jangan menyerah

  62. ya bisa saja, terus berusaha dan berdoa, terutama pada masa2 subur anda. gunakan kalkulator masa subur disamping web ini untuk menghitungnya.

  63. Dok, mohon dijawab,, sya psangan baru menikah, seminggu terahir ini saya kurang sehat, setelah satu minggu berhbgn, apakah saya hamil??sering merasa lelah juga, jadwal haid saya ahir minggu ini,

    • Dok,saya mau tanya?,sya sdh telat haid 2 bulan yang lalu,tp pda saat sya cek sebulan yang lalu hasilnya negatif,trus kemarin ps dua bulan lebih seminggu sya usg hsilnya positif sudah 7 minggu,mngapa demikian?pda awal kehamilan jstru tidak terdeteksi,padahal saya sdah menggunakan tespek sebanyak 5 buah,mhon p3njelasanya,trmksh

  64. Ass,dok sy mw tax
    Sy terakhir haid bln ini tgl 16
    Dan setelah sy sdh haid,melakukan hub dng suami sy,kemudian diakhir bln feb ini sy mengalami mual dipagi hr,,kdang pusing,male2san,mkan g enak ditenggorokan,pengen tdr mulu,badan lemas/lelah,tp aq hbis priksa kedokter tekanan darah 130/90,kpla skit,
    Krn disamping i2 sy flu bert & demam,dokter ngasih obat,brupa obat flu & demm/skit kpla,vit,antibiotik.
    Kira2 apa sy hamil ato tdk.
    Soalx sy minum obat tersebut,apa ada efek jika minum obat tersebut jika hamil,

    Terima ksih dok

    • mungkin memang hanya flu saja bunda. kalau memang hamil memang harus hati2 dan kasih tahu dokternya agar dikasih obat yang tidak terlalu berbahaya ke janin

  65. Dok sy mau bertnya,,,,sy haid tgl 29 januari 2015.. Tp cm sedikit tu pun cm wrn kecokelatan smpe tgl 31 januari 2015… Dan kebutln sy gi kb suntik,,,,pd tgl 6 pebruari 20015 sy hrs kb ulang,,,tgl 6 tu sy berhubungan,,dan sy ga kb lg,,,tgl 10 sy berhbngan,,,bln pebruari sy blm haid dok,,,,mhon minta jwbn ny,,,

  66. Assalamualaikum wr wb dok…. sy mo nanya mrn sy haid feb tgl 1 trs maret ini blom dpt sampe skrng.. trs br x ini sy telat begn biasa nya maju 3hr sampe 1 minggu.. yg sy rasakan skrng cmn pusing suka buang air kecil sm keram d punggung sampe k perut apa itu tanda2 hamil dok mksh byk dok seblom nya..

    • kalau haidnya tidak teratur memang agak sulit untuk menjadikan haid sebagai tanda-tanda hamil, anda bisa lakukan saja tespek kalau curiga anda sedang hamil.

    • biasanya masa susbur itu sekitar 10-12 hari setelah haid, jadi kemungkinan kecil hamil yah, cuman WallahuAlam ya kalau Tuhan ngasih ya jadi aja.

  67. Siang dok.saya mau tanya dok saya kan terakhir mens akhir januari dan selesai awal februari..dan sampai skrg saya blm mens lg dok?dan saya kadang merasa mual,,dan sakit diperut,gampang merasa lelah ,dok apa itu kemungkinan hamil atau tidak dok?
    Terima kasih

      • Haloo dok. Saya mau tanya ter akhir mens bln desembr dan 28 desembr mens lgi karna bln November syg tdk mens .tapi yg saya rasakn sprti org hamil dan sya blum tes mkasih

  68. Ass dok sya mau naya syah tdak m 1 bln trus syh tspek hsil y 2 garis v garis k dua samar trus 3 hari kmdian syh mgluar kn plek tnda y saya hmil tdak

    • kalau 2 garis tandanya positif hamil, kalau sudah 1 bulan, sebaiknya pastikan dengan usg ke dokter.

  69. Sore dok,,, sya mau tanya, saya sudah telat 6hri pdhl biasa tpt mens nya, tp kmrn tgl4 sdh sya tespek negatif, ini peru kram sama pinggang sakit banget, itu tanda apa yah dok?hamilkah?

  70. Mlm dok,,,maaf nie sblumnya,,dok sy mau tanya sya dtg blan trakhir kmaren tgl 26 januari-2februari,,,dn sy tlat,,,tgl 5 maret sya tes tpi negatif,,,tpi smpai saat ini sy msih tlat dok dn tdk brani utk tes gi,,pdahal sy mngalami smua hal2 yg di ats,,,mhon pnjelasannya dok,,,terimakasih.

  71. Ass…dok apakah kelebihan berat badan bisa menyulitkan untuk hamil?? Apakah harus diet dulu baru bisa hamil…mohon jawaban nya dok…trimakasih

    • kalau banyak lemak di perut, bisa menghalangi proses pembuahan, jadi peluang anda untuk hamil akan lebih besar jika anda bisa diet terutama di bagian perut.

  72. malam dok
    dok sy mau tny..
    wkt bln desember n bln januari sy haid tgl 17 trus bln februari sy haid tgl 11.. dan tgl 11 skrg sy blm kluar haid..
    sy ngersa pusing n mual.. tp tdk bisa d muntahkn.. apakh itu tanda dari k hamilan atau bukan..
    mohon pnjelasannya dok..
    trimksh..

    • sebaik sabar menunggu telat haid baru lakukan tespek, tapi kalau penasana anda bisa tespek, kalau masih negatif, coba lagi tes lagi setelah seminggu telat haidnya

  73. siang dokk
    dok ..
    sy ngalamin pusing + mual tp ga bisa d muntahin.. d perut jg terasa kram.. sy baru tlat 2 hari..
    itu brtanda apah ya dokk.. apakah sy ngidam/tdak
    trimksih..

  74. Siang dokter..
    Dokter saya mau tanya,biasa nya saya kalau haid tdk pernah teratur,bulan januari saya haid tgl 13,bulan februari saya haid tgl 4 dan biasanya mmg selalu lbh cepat seminggu bahkan lebih dan tdk prnh terlambat atau pas tanggal,bahkan dlm sebulan saya bisa 2x dtg bulan..yg aneh ny bulan ini saya belum haid2 jg dok,gejala2 kehamilan diatas ada yg saya alami dok tp kenapa saya test pake tespek sdh 3x tapi hasilny tetap negatip..saya jd bingung dok apakah saya hamil ato tdk yah?

    • kalau haidnya tidak teratur memang susah untuk menggunakan haid sebagai patokan. kalau gejala2 hamil itu mirip dengan gejala sebelum telat haid. jadi kalau misalnya seminggu ini maih merasakan gejala2 orang hamil namun belum mens juga, sebaiknya coba ditespek lagi, pakai urin setelah bangun pagi

  75. Selamat sore dok,maf mengganggu sy mau tanya dok, biasay sy haid teratur maju 2hari januari kmren sy haid tgl2 terus tgl23januari sy haid lagi dan sampai 16maret sy belum haid 2mgu yg lalu sy tes 3x msh negatif.pdhl sy gak pernah telat haid. Sy jg mudah lelah,kaki agak nyeri.pinggul pegel2,sempat put1ng sy sakit tg cm3 atau 4hr sj skrg udah g. Kira2 sy hamil g ya dok.trmksh

    • kalau seminggu lagi belum haid juga coba tespek lagi dgn urin stlh bangun pagi, kalau masih negatif juga sebaiknya periksakan ke dokter mungkin ada masalah pada siklus haidnya

  76. Dok saya belum telat haid, jadwal haidnya seminggu lagi tapi saya sudah merasakan gejala ibu hamil seperti kepala pusing, mual d pagi hari, mulut terasa pahit, badan cepat lelah serta merasa lemas, kram d perut bagian bawah, terkadang nyeri d pinggang n saya sering buang air kecil, n saya menjadi lebih sensitif….

    Pa benar saya sudah hamil dok!!

    • anda bisa tunggu waktunya haid nanti, kalau seminggu setelah haid belum mens juga bisa lakukan tespek, kalau sekarang masih belum pasti, karena gejala kehamilan mirip2 dengan gejala mau PMS

  77. Dok. Saya dan suami setelah menikah masih jarak jauh akibat pekerjaan. Tanggal 7 Januari kami melakukan hbngn (sp3rm4 tidak dikeluarin di dalam). Tanggal 23 dan 24 juga melakukan dan sp3rm4 tetap tidak dikeluarin didalam. Tanggal 25 suami saya kembali ke kota tempat dia bekerja dan Tanggal 25 itu juga saya medapat bercak darah. Dan tanggal 26 nya saya mengeluarkan darah seperti haid. Namun dibulan berikutnya saya haid tanggal 16 dan hanya 2 hari. Biasanya selalu tepat. Yang ingin saya tanyakan dibulan ini tanggal 16 saya tidak mendapatkan haid. Apakah saya harus menunggu sampai tanggal 25? Dan jika tidak mendapatkan haid saya bs TP?? Kapan sebaiknya melakukan TP?

  78. Siang dok saya mau tnya, 2 bln yg lalu saya keguguran dok, dan sudah menstruasi apakah saya bsa cepet hamil lagi dok?.
    Terima kasih

    • apa menstruasinya sudah teratur kembali? anda bisa terus berusaha dan berdoa agar segera hamil kembali.

  79. dok maaf mau tanya.. saya menikah tanggaal 1maret dan haid tanggal 4-7 maret . dan saya skrang mengalami mual” + selau lemas apakah bisa jadi ciri” hamil walau belum telat haid?

    • tanda-tanda hamil itu mirip dengan tanda-tanda sebelum haid, jadi sebaiknya ditunggu sampai waktu haidnya datang.

  80. Saya mau tanya saya telat datang bulan udh 2 bulan blom datang tpi pas d tes peck hasil’ya negati tpi saya suka sakit kepala knp tu

    • sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk mengetahui penyebab haid sampai 2 bulan belumd datang padahal tidak hamil

  81. Dok….saya mau tanya.biasax haid saya selalu teratur dan tidak pernh telat.bulan ini saya telat 3 hr n sebagian tnda awal kehamilan saya alami.hr k empat muncul bercak coklat dok….apakah tndax saya blum hamil?
    Tp saya sering mual d pg hr.

  82. Dok saya mau tanyak.. Saya sudah telat kira2 sebulan, tp di tesstpack negatif,, apa itu tndanya saya hamil.. Mohon petunjuk dan saranx

    • kalau telat datang bulan sampai seblun lebih namun tidak hamil bisa jadi anda terkena sindrom PCOS. sebaiknya konsultasikan ke dokter.

  83. Dok saya mw tanya…..saya sudah 2 bulan terlambat haid….soalnya dari tgl 17 jan 2015 saya berhbngn itu sesudah saya mens lewat 5 hari begitu tapi sampai skrang saya belum mens….dan tdk ada gejala2 lain hanya saya rasa sesak nafas aja….apa itu saya hamil dok?

  84. salm kenal dok, saya mau tanya saya sudah 2 bulan ini mens datang selalu telat satu minggu, awalnya saya sudah merasa yaQn dan senang kalau saya sudah positif karena saya mengalami gejala-gejala kehamilan namun setelah satu minggu saya malah haid lagi apa yang jadi faktor ya dok bisa jd begitu? tolong jawabannya dok

    • sebaiknya pereikasakan ke dokter tentang masalah haidnya agar bisa lancar kembali, haid tidak lancar adalah salah satu tanda-tanda ada masalah pada organ reproduksinya.

  85. ass.wr.wb,. Misi dok, numpang nanya dok, saya mens terakhir tanggal 26 feb sd tgl 3mrt, sampe skarang sy blum mens jga, tpi sya cuma merasa mual mual aja dok, mohon pencerahan nya dok,! Trmakarih,.

  86. Dok sya mau tnya haid telat ,tpi sya tdk berhubngn bdn, susah tidur tdk nafsu mkn juga, rasa mual, keputihan, apkh gejala hamil dok. ? mksh

  87. Dok. Saya mau tanya. Saya haid tgl 30 maret selesai tgl 4 april. Tgl 6 saya berhubngn sama suami. Tgl 9 april saya keram punggung dan perut, setelah itu p4yud4ra saya terasa nyeri sampai sekarang. Haid saya teratur, dengan siklus 29 hari. Apakah saya hamil dok…???

  88. Dok saya mau tanya. Haid saya teratur, dengan siklus 29 hari. Saya haid tgl 30 april selesai tgl 5 mei kemaren. Selesai haid saya berhbgn dengan suami. Tgl 9 mei tiba-tiba saya mengalami sakit pinggang dan kram perut yang menyebabkan saya muntah dan setelah itu p4yud4ra saya terasa nyeri Sampai sekarang. Apa itu tanda kehamilan dok…???

  89. Dokter, sya mau tanya..
    Saya selalu teratur datang bulan, terakhir mens tgl 8 april – 14 april.. Setelah selesai, smpai saat ini sya hnya 3x berhubngn.. Tnpa perhitungan masa subur.. Dan sekarang p4yud4r4 terasa bengkak dan sakit.. Nyeri perut hanya sesekali dan tdak terlalu terasa.. Selain hnya tnda2 lelah dan ngantuk tdak ada tanda2 kehamilan lain nya.. Apakah kemungkinan untuk hamil tetap besar dok ? Terimakasih dokter

  90. salam kenal. saa mau nanya.. 2 minggu setelah pembuahan saya telat 4 hari dan di hari k 5 malah haid.. pakah dan berapah % kemukinan hamil dan tidak…

    apaka orang hamil masih bisa haid…
    trimakasi

    • orang hamil tidak bisa haid, kalau memang positive hamil dan mengeluarkan darah yang banyak itu namanya keguguran

  91. malam Dok,, sy mau tanya. stiap bln haid sy selalu maju 3-5 hari dan diawali dengan flek coklat bahkan kadang pekat tp masa haid selalu 7 hari. apakah haid sy normal.?? sy pernah keguguran 1thn yg lalu dok

  92. Maaf dok saya mau nanya,saya kan biasa mens tanggal 15 an yaa dok ?? Tanggal 7 kemaren saya keluar bercak darah seperti mens dok dan saya juga sering ada gejala-gejala seperti mual,kepala sering sakit,buang air kecil terus tapi yang gx saya rasa in itu nyeri pada p4yud4ra saya biasa-biasa aja dok.
    Apakah itu tanda-tanda hamil apa bukan yaa dok.

    • kalau mensnya teratur, coba tunggu sampai waktunya mens berikutnya, kalau seminggu dari waktunya mens belum ada, coba tes

      • mlm dok.mau tanya ini dok,saya kan punya istri,istri sya mens trakhir tgl 24-29 tp sebelumnya tgl 22-23 km hubungan trus,tgl 30 km juga hubungan habis gt tgl 2 kita kb yg suntik tiap bulan,dan diksh obt 2buat mencegah kehamilan,setelah diminum obtnya perut istri saya sakit dok,trus skrng pyd4ra istri sya nyeri n bagian put1ng membesar n agak hitam,dan nafsu makan istri saya bertambah apakah istri saya hamil dok ? thx sebelumnya

      • Dok… sy biasanya mens awal bln. Tp untuk bln ini blm mens smpk skrg.biasanya jg tratur dok.sdh 2x coba tespek tp hasilnya negatif. Untuk tanda khamilan mual muntah jg gak.hnya sj trkdg punggung skit, tp perut agak gmukan. Ini gemuk apa hamil ya dok? Tp kok blm mens jg….

  93. Dok..numpang tanyak..
    Saya haid terakhir tanggal 16-23 apriL..
    Tpi sampai saat ini saya belum haid..?
    Tpi 1 minnggu lalu sya tespek hasil.nya negatif..
    Apakah saya hamil??

  94. Siang dok. Mau tnx. .slma 2 bland sya haid sllu tgl 25 Sya haid tgl 24-27 blan apr!l 2015. . Truz tgl 1x suam! Sya dtang. . Pas tgl4 tngah mlam sya brhbngan sma suam! Sya. . Truz bsok pg!x sya kluarn drah spert! Haid gtu. . v cma 3hr! Jja. . Stelh haid yg k_2 selang brpa hr! Sya mngalm! Mual. . Ps!ng. . St!ap hbs mkan pst! Muntah’n kluar smua. . Nfas jd! Begah. . N!ch dh 2 hr! Put!ng sya mnojol’n trsa sk!t. . Ap tuch tnda-tnda sya hm!l ?

  95. dok saya mau tanya saya telat mens 6 hari trus saya tespek hasilnya negative tapi sampe sekarang saya blm mens juga …kepala sering pusing,p4yud4ra nyeri apa saya hamil dok….mens saya biasanya teratur

  96. Salam dok,mf mw konsultasi dok,sya sdng program hmil 2 bln ni,& kmarn tgl 1 mei sya mens slsai -+8 hri,stlh mens sya kurang tau/yakin dngn msa subur sya,jdi sya mlakukn hbungan dngn suami sya 2-3 hri skali,fikir sya biar sp3rm4 dlm rhim sya slalu aktif & jika masa ovulasi bisa lngsung mngalami pembuahan , pa bisa hamil jika dengan cara tsb dok ? Mohon jwabannya, trimakasih.

  97. Dok saya biasa pms tgl 25 pst sy kluar tratur ko smpai tgl31 sy blm pms jg y dok …
    Tp terkadang sy slu buang air kcl.perut mulas.trkadang keram dok..p4yud4ra menjadi lembut dan pngen bgt mkn2 pedas .
    Kira2 bwt tes khamilan tepat.y berapa hri dok ??
    Apa itu gjala khamilan dok..
    Sy mnikah bru 3bln dok.
    Mohon informasiny dok .
    Makasih…

  98. Mau tnya dok,? sya merasa kn kyak tanda2 mau haid psing, prut kram trus pinggang sring sakit,sring buang air kcil mual cumaa kadang-kadang
    saya trakir haid tgl 25 april dok trus syaa trakir melakukan hubngn tgl 17 april sampai skrang sya blum haid jga apakah saya hamil dok,?
    trima kasih

  99. Dok…saya mau tanya, sy sdh telat 8 hari, biasa dtg bulan selalu mundur smpe 1 minggu tp perut bagian bawah terkadang kram, sering tiba2 pengin mkn yg pedes yg seger2, sering kebelet kencing tp keluarnya sedikit, apakah itu tanda2sy hamil? Terimakasih

  100. Dok, sy mens tanggal 10sd17. Tgl 21 saya mengeluarkan lendir seperti putih telur. Apakah itu tanda subur atau bisa sebagai tanda awal kehamilan? Sebelumnya mens lancar2 aja dok. Na semisal itu masa subur berarti sebelumnya belum terjadi pembuahan ya dok?

  101. dok..sya mau tnya..sy dtang buln tgl 21- 26 mei..trus sy dtng bln lg tgl 5 – 11 juni…dua mggu kmudian sya ngrsa mual tp gk munth…dan sy tdk ngrsain yg aneh” hanya mual dan pinggul sy trasa pegal….sy tes peck tp negatif…apa itu tanda” sy mau hamil ya dok…

  102. Dok, bln ini sy sudah telat seminggu sebelumnya mens sy teratur kok, terus sy coba TP hasilnya positif dan setiap pagi sy pusing dan cepat lelah setelah 3 hari TP kok malah keluar darah seperti halnya mens dok.. itu kenapa yah dok?

  103. core dok mf gngg.sy mau tny donk.bln juli saya haid tgl 9 tu cm 2hri klwr drh bnyk ad gumpln.tp bln agustus haid tgl 3 tu jg 2hri.hri pertm klwr bnyk tp cm sbntr trz g klwr drh gumpln.hri ke dua cm bercak2 aj.trz sy jg ngersa pusing.prt kram bgian bwah.trz kdg mual…pyud4ra jg di teken dkit skt trz put1ng serig gatel.apkh tu tnda2 hmil dok…mksh ya dok sblmny..

  104. Dok sy sudah telat 5 hari mens, mens terakhir tgl 16 Juli. sy coba TP dan hasilnya ada garis samar yg menandakan (+). Td pagi sy ke Prodia utk tes urine dan hasilnya (-) negatif. Padahal sy sudah mengalami beberapa tanda kehamilan. Mohon arahannya dok. Terimakasih..

  105. Dok saya mw tanya..
    Istri saya haidnya teratur tiap akhir bulan….? Trus saya behbngn setelah haid bersih…tp di tanggal 14 istri saya mengalami mual2 n sensitif di p4yud4ra,,,n mengeluarkan darah sprti haid slma 3 hri,,,apakah itu tanda hamil muda ya dok…? Tlong di perjelas dok,nmnya jg saya blm lama nikah dah pengen punya anak?

  106. Dok bulan juli tgl 10 saya gk kB..truz bln agustus gk men telat 3miggu lbih,wktu tlat smggu q tespak negatif,truz kmren tgl2september mens deres bgd 2hari. .apakah sya hmil!? . .tp skarang udah suntik kb. . Bahaya g dok. .tkut mau ke doktr. . .

  107. Dok saya mau tanya? Bln agustus tngl 24 saya m .tngl 28 udah enga keluar darah..
    Tngl 29 saya berhubung karna 30 suami kerja ke luar kota..sehabis hubungan saya ngeluarin darah warna pik tpi cuma sedikit..
    Tanggal 7 bln september ..bdn saya sering lemes..kadang suhu badan ku sering naik.kepala sering pusing perut kram.sering kencing. Sampai skrg ..mkn doyan. P4yud4ra ku besar dan sensitif..
    Apakah ini gejala hamil dok?
    Terima kasih atas jawaban.

  108. dok saya mw tanya…saya haid tgl 25 september smpai tgl 2 oktober..dan tgl 13 oktober kluar flek 3 hari di siang hari trus p4yud4ra saya sensitif sampai sekarang,klo pagi perut saya merasa mual ..apakah itu tanda2 kehamilan?

  109. Dok, mw nax nih…
    Z dtang bulan itu slalunya tpat waktu tpi bulan ni z suda mngalami telat haid 4 hari.
    Z b’hbngan badan 2 minggu sbelum haid. Tapi z hanya mrasa kram perut dan mudah lelah, bercak hitam sma mual mual tdk prnah.
    Ap kh i2 tndanya z sdang hamil dok ?

  110. Siank Dok… Mw nanya nich, slma ni haid z slalu lancar dan tdk prnah t’lmbat… Blan sptember kmarin HTHP tgl 23 smpai tgl 27 truss z b’hbngan tgl 5 oktober dan blan oktober itu z tdk haid smpai skrang tpi z sring mrasakan sakit pohon perut, lemas, p4yud4ra juga sakit, tpi tdk pernah muntah atw mngeluarkan bercak merah atw coklat.
    Apkh z hamil dok ?
    Mohon infonya. Makasih

  111. dok sy mw nanya… Sy blm waktunya haid terakhir haid tgl 4 nov 15 tp sy dah mengalami be2rapa ciri2 di atas misalnya skt punggunh,sering buang air kecil dll.
    apakah sy hamil dok?

  112. Salam kenal dok…..sudah hampir 2 mingguan saya merasakan gejala2 d atas tpi….tiba2 keluar darah merah kehitaman d sertai lendir..darah.a gk terlau banyak……apa kah itu tanda awal kehamilan tw darah haid aja dok.terimakasih

  113. Halo bu dokter. Saya bln November sya tdk haid bln desembr sya haid tgl 1-7 dan skrang tgl 28 saya merasakn mau haid lagi
    Tapi seblum nya sya mrsakn seperti ciri ciri org hamil. Mohon pentujjk dan terimkasih

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*