Tanda-tanda Awal Keguguran Spontan Yang Perlu Anda Cermati

Ciri Ciri KeguguranKeguguran spontan adalah istilah umum yang digunakan oleh para ahli untuk kehamilan yang berakhir dengan sendirinya, hal ini umumnya terjadi dalam rentang 20 minggu pertama kehamilan. Keguguran spontan ini pasti akan memberikan perasaan negatif dan takut ketika mendengarnya atau membayangkannya. Jadi buat anda yang sedang dalam proses untuk hamil, atau sedang hamil muda saat ini perlu mencermati dan membaca beberapa tanda-tanda awal keguguran serta apa sih penyebabnya…pada artikel ini, sehingga anda dapat mempersiapkan diri atau mencegah hal ini terjadi pada anda.

Kok bisa ya terjadi Keguguran? Apa Penyebab Keguguran itu?…

Penyebab terjadinya keguguran itu bervariasi, dan paling sering yang menyebabkan hal ini kadang bahkan tidak dapat diidentifikasi. Selama trimester pertama, penyebab paling umum dari keguguran adalah kelainan kromosom – yang berarti bahwa ada sesuatu yang tidak benar dengan kromosom bayi. Sebagian besar kelainan kromosom adalah penyebab dari sel telur atau sp3rma yang rusak, atau disebabkan oleh masalah pada saat zigot pergi melalui proses pembelahan. Penyebab lain dari keguguran bisa saja dari…

  •  Masalah hormonal, infeksi atau masalah kesehatan ibu
  •  Gaya hidup (yaitu merokok, penggunaan n4rk0ba, malnutrisi, kafein yang berlebihan dan paparan radiasi atau zat-zat beracun)
  •  Implantasi telur ke dinding rahim tidak terjadi dengan benar
  •  usia ibu yang sudah tua (Baca: Resiko Hamil di Usia Tua (Diatas 35 tahun))
  •  trauma ibu

Faktor-faktor yang kurang buktinya dapat menyebabkan keguguran adalah jenis k3lam1n, bekerja di luar rumah (kecuali di lingkungan berbahaya) atau olahraga ringan.

Nah…Apa saja tanda Awal Keguguran Spontan itu?

tanda tanda Awal Keguguran Spontan

Buat anda yang sedang hamil 1 s.d 20 minggu kehamilan, dan jika Anda mengalami salah satu atau semua gejala keguguran di bawah ini, penting buat anda agar segera untuk memeriksakannya ke dokter kandungan untuk mengevaluasi apakah Anda bisa mengalami keguguran atau memang ada masalah yang lain, kenalilah tanda tanda awal keguguran spontan sejak dini:

  •     Nyeri punggung dari yang sedang sampai parah (sering lebih buruk daripada kram saat mens)
  •     Berat badan Turun
  •     Timbul Lendir warna putih-merah muda
  •     Terjadi kontraksi (Rasanya sangat menyakitkan dan terjadi setiap 5-20 menit)
  •     Terjadi pendarahan merah terang dengan atau tanpa kram (20-30% dari seluruh kehamilan dapat mengalami beberapa pendarahan pada awal kehamilan, dengan sekitar 50% dari mereka kehamilan tetap normal)
  •     Muncul gumpalan jaringan dari mis-V anda
  •     Tanda-tanda kehamilan tiba-tiba menurun drastis.

Jenis-jenis Keguguran

Keguguran seringkali merupakan proses dan bukanlah peristiwa tunggal. Ada banyak tahapan atau jenis keguguran yang berbeda. Ada juga banyak informasi untuk belajar tentang perkembangan janin yang sehat sehingga Anda mungkin mendapatkan ide yang lebih baik dari apa yang terjadi dengan kehamilan Anda. Memahami perkembangan janin awal dan perkembangan trimester pertama kehamilan anda akan dapat membantu Anda untuk mengetahui hal-hal apa yang diperlukan oleh dokter kandungan ketika ada keguguran yang mungkin terjadi. kenali tanda tanda awal keguguran spontan maka anda akan lebih siap dalam menghadapinya.

Sebagian besar orang menyebut pada semua jenis keguguran hanya disebut keguguran, tetapi Anda mungkin mendengar dokter merujuk kepada istilah atau nama-nama keguguran seperti lainnya:

Terancam Keguguran: Terjadinya pendarahan yang disertai dengan kram atau sakit pinggang. Leher rahim tetap tertutup. Perdarahan ini sering terjadi dari hasil implantasi.

Keguguran tidak lengkap: Nyeri perut atau punggung disertai dengan pendarahan dengan leher rahim terbuka. Keguguran bisa dihindari bila ada pelebaran atau penipisan serviks dan / atau ada pecahnya membran. Perdarahan dan kram kan tetap terjadi pada keguguran tidak lengkap.

Keguguran Lengkap: Keguguran ini terjadi ketika ketika embrio telah keluar dari rahim. Pendarahan akan mereda dengan cepat, sebagaimana seharusnya rasa sakit atau kram. Keguguran lengkap ini dapat dikonfirmasi oleh USG dan biasanya harus dilakukan kuret untuk membersihkan rahim.

Keguguran tak diketahui: Wanita bisa mengalami keguguran tanpa menyadarinya. Keguguran ini adalah ketika kematian embrio telah terjadi tetapi embrio tidak keluar. Tidak diketahui mengapa hal ini terjadi. Tanda-tanda ini biasanya diketahui dengan adanya perasaan kehilangan gejala kehamilan dan tidak adanya denyut jantung janin ditemukan pada saat USG.

Kegguran Berulang: Ini didefinisikan sebagai 3 atau lebih berturut-turut keguguran pada trimester pertama. Hal ini dapat mempengaruhi 1% dari pasangan yang mencoba untuk hamil.

Kehamilan ektopik: Sel telur yang telah dibuahi tertanam di luar dinding rahim, biasanya pada tuba falopi. Pengobatan diperlukan segera untuk menghentikan perkembangan embrio ini. Jika tidak ditangani dengan cepat, ini bisa berakhir dengan komplikasi maternal yang serius.

Embrio tidak berkembang (Blighted Ovum): Sebenarnya sel telur yang telah dibuahi tertanam ke dinding rahim, akan tetapi ternyata perkembangan janin tidak pernah dimulai.

Kehamilan molar (Hamil Anggur; Baca–> Ciri-ciri hamil anggur) :  Hasil kesalahan genetik selama proses pembuahan yang mengarah pada pertumbuhan jaringan abnormal dalam rahim. Dan kadang2 berbentuk seperti kumpulan buah anggur, makanya diberi nama hamil anggur.

Trus…Bagaimana Cara mencegah keguguran?

Karena penyebab paling sering dari keguguran disebabkan kelainan kromosom, maka dari itu tidak ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mencegahnya. Salah satu langkah penting adalah untuk selalu dalam kondisi tubuh yang sehat sebelum hamil untuk memberikan kondisi yang terbaik dan sehat ketika proses menuju hamil terjadi. Ini beberapa hal yang bisa dilakukan:

  •      berolahraga secara teratur
  •      makan makanan yang sehat
  •      mengelola stres dengan baik
  •      Jaga berat badan dalam batas yang sehat
  •      Konsumsi asam folat setiap hari
  •      Dan yang paling penting : Jangan merokok!

Setelah Anda mengetahui bahwa Anda sedang hamil, tujuannya tetap yaitu untuk menjadi sesehat mungkin, dan untuk menyediakan lingkungan yang sehat untuk bayi Anda untuk tumbuh dan berkembang dengan baik dalam rahim:

  •      Lindungi bagian perut anda
  •      Jangan merokok atau berada di sekitar asap
  •      Jangan minum minumal beralk0hol
  •      Konsultasikan ke dokter kandungan Anda sebelum minum obat bebas.
  •      Membatasi atau menghilangkan kafein
  •      Hindari bahaya lingkungan seperti radiasi, penyakit menular dan sinar-x
  •      Hindari kontak olahraga atau kegiatan yang memiliki risiko cedera

Demikian ulasan kami seputar keguguran, baik tanda-tanda keguguran, penyebab maupun cara pencegahannya, semoga artikel ini dapat sedikit memberikan pencerahan buat anda. Dan jikalau informasi tentang ciri-ciri keguguran ini dan juga tips2 kami di Ciri2oranghamil.com bermanfaat buat anda, tolong pertimbangkan untuk share info tanda Awal Keguguran Spontan ini ke teman2 atau saudara anda, siapa tahu mereka sedang butuh info ini, mereka akan sangat berterima kasih pada anda. Anda bisa share ke facebook, twitter, Google +1, pinterest, dan lain sebagainya. Terima kasih.

 

28 Comments

  1. Dok saya mau tanya, saya mengalami pendarahan di misfi saya dok dan perut terasa melilit, pinggang pun sakit, tetapi masih mengalami mual” sedikit dok. Dan saya juga kemungkinan sedang hamil dok. Apa ia dok saya ini mengalami keguguran atau cuma mens? Mkasih mohon jwban nya dok

      • sama dok, saya juga sedang mengalami hal tersebut. saya baru menikah akhir desember. bulan januari haid maju 3 hari, februari maju 10 hari (untuk haid siklusnya saya bisa maju 3 harian) tetapi bulan maret ini telat seminggu lebih. udah TP 2 kali tapi tetap negatif, padahal tanda tanda kehamilan udah keliatan.. eh ga disangka sangka dihari ke 8 telat, bercak darah keluar. sampe hari ke 2 ini perut sakit, kepala sakit, badan pegel,punggung sakit.. ini artinya apa ya dok? terimaksih

        • kalau haid tidak lancar anda bisa curiga ada masalah pada reproduksi anda, bisa saja masalah psikis atau masalah fisik, coba kurangi masalah psikis seperti stres, dll.

  2. Dok, sy biasanya haid teratur, 14 januari, 14 Feb, menikah 18 Feb tp maret sdh 2 minggu telat, minggu pertama tes hasilnya negatif tgl 26 maret baru haid, itu knp dok? Darah yg keluar berwarna merah segar, perut terasa skit dan kram, Mungkinkah hamil lalu keguguran?

    • mungkin hanya telat saja mensnya, kalau bulan2 berikutnya makin tidak teratur mensnya, sebaiknya periksakan ke dokter

  3. Assalammu’alaikum dok…
    Saya mau tanya, saya sudah positif hamil sekitar 10mingguan tapi selama sminggu ini sya mengalami pendarahan(sama seperti mens) pas di coba pake testpack hasilnya masih positif,..
    Apakah saya keguguran atau hanya pendarahan biasa dok??¿

  4. Dok saya jg mau tanya, saya telat 5 hari trus TP hasilnya positif, tp br kmarin pas 1minggu 2hari saya merasakan ada yg kluar dr miss V pas saya ke toilet, di clana saya kluar darah beserta gumpalan dok 🙁
    Tp pagi ini sudah tidak mengeluarka darah lg.. Kira2 apa yg terjadi pada saya dok?
    Tolong bantu jawab

  5. Dok,sy udah TP hslx + ,trus dua hari kemudian keluar flek tp cm sedikit lalu brenti,tp dua hari kemudian keluar darah sprti mens dan gak brenti slma 2 hr.perut jg rasanya nyeri.apa sy keguguran dok? Usia kehamilan 3wk..tolong dibantu donk dok!!

  6. Dok, sy sdh TP 4x hasilnya +, cek urine lab jg +, tetapi sudah 2 x d usg d rahim lom ada kantung janinnya. Sy t’akhir haid tgl 8 maret 2015. Skr dr daerah V sy keluar cairan coklat sudah 9 hari.. Apa sy keguguran ato ada kemungkinan lain ya dk. Tolong d bantu ya dok. Terima kasih….

  7. maaf dok mau tanya, bulan ini sya sudah trlambat hampir 1bln ini.. td malam selepas berhbgn pagi hari bangun tidr tdk menyadari saya keluar darah. Darahnya segar dan tdk berbau seperti ketika haid, kemudian perut saya rasanya sakit, linu, pinggang juga nyeri.. perut kiri sebelah kiri juga kram. apakah tnda” juga dok?
    trimksh.

    • apa sudah coba ditespek? kalau hasilnya negatif, sebaiknya periksakan ke dokter, apalagi sebelumnya selalu teratur haidnya, dan sekarang sampai 1 bulan telat namun tidak hamil

  8. oya dok untuk catatan bahwa haid saya teratur dan tdk pernah telat.. siklus haidnya teratur.. bulam kmrin haid bulan ini telat dan kluarnya seperti ini.. darahnya segar tdk berbau serta nyeri luar biasa.. Jika haid tdk sprti itu dok biasanya..

  9. Selamat siang dok,saya tiap bln haid teratur.tgl.4 mei 2015 saya harusnya haid.skitar tgl 20an april,p4yud4ra saya skt luar biasa spt orang hamil.tgl 9 mei saya jatoh,dan esok harinya saya lemas dan mengeluarkan darah segar dr misvi.tapi cm sbentar dok,sampe skrg cm flek berwarna gelap&p4yud4ra saya sdh tdk skt lagi.tapi sepanjang hari saya mual yg sgt menyiksa.
    Mohon petunjuk dok..
    Terimakasih

  10. dok biasanya saya haid selalu tepat tgl 20 trus bln ini saya telat 1minggu ,tiba” saya mens. darah mens & gejalanya beda sma waktu mens biasanya. apakah sya keguguran? apa cuma telat mens biasa?

  11. Dok sya mau tanya. Sya kan TP udh 7x dan hasilx positif aku haid terahkir ttgl 4 bln 4. Dan udh 2 hari ini misvi aku mengeluarkan darah dan Kemarin sya dari Dr.kandungan dan dia mengatakan janin z tdk berkembang (missed abortion) Dan harus dikuret. Tp smp skrg z merasa biasa2 aja darah tetap keluar namun sakitx itu seperti sakit ketika dapat haid. Apakah tindakan kuret ini msh perlu dilakukan ato adakah cara lain agar dpt membersihkan kandungan tanpa kuret ??? Tolong dijwb

    • Dok, saya udh di tespack hasilnya positif usia kandungannya udah 8 minggu.
      tadi pagi ada pendarahan namun tidak banyak sedikit sedikit dan ada gumpalan2 tp tidak sakit. Apakah saya keguguran?

  12. dok saya mw tanya??
    saya menz biasa nyampek 5 hari tp ini lebih dari semggu,,
    trus keluar becak warna coklat tua tp pingang sakit trus jga mual nggk nafsu makan,,
    apakah saya kurang sehat apha keguguran ya dok??

  13. dok sya mau bertanya sya sdah telat haid selama 2 bln lbih, tpi sdah 3x sya testpack tpi hasilnya negatif trus, dan tdk pernah ada tanda2 mual dok. tpi akhir2 ini p4yud4ra sya sakit dok. apa berarti sya hmil dok??

  14. Pagi dok saya hamil usia 5 bulan jalan ke 6 saya sering gendong bayi adik ipar saya berhubung bayinya jarang di urus maka saya gendong terus pertanyaannya akibat saya sering gendong bayinya perut saya mengalami sakit keram dan janin di kandungan saya bergerak trus kebawah sampai saya kesakitan memang ada kluar cairan bening seperti keputihan tapi sakit dibagian misvi saya sangat kencang dan si janin menendang pun sangat sakit sekali apa mungkin saya akan keguguran sampai skarang perut saya sakit skali .

  15. Dok mau tanya…saya telat 2mggu..trs saya ngrasain mual”… Trs q tes ternyata q hamil dok…trs habis pulang kerja tiba” perut saya nyeri dbagian bawah. Trs ga trrasa mual lg. Tp saya ga haid”..itu knp yah dok?

  16. pagi dok, bln kmr saya mes tgl 28 oktober. kemarin tgl 11 november mes lagi, sebelum mes malamnya sakit banget perutnya sampai tdk bisa tidur. bahaya tidak ya dok. nanti sore mau cek dokter kandungan sih cek. mks dok

  17. Dok sy sedang hamil sudah 8 minggu malam ini sy keluar flek dan darah berwarna cokelat apakah ini salah satu tanda sy mengalami keguguran??

  18. asalam mualaikum dok,,. 1bulan yg lalu saya positif hamil,namun bulan ini saya hait 5 hari sudah berhenti,terus tadi pagi keluar lgi darah bayak sekali darah segar berwarna merah tua,yg saya tanyakan apa kah saya ke guguran atau penyakit.mohon di jawab dok?

  19. dok.saya mau tanya..bulan desember kmren saya mulai haid tgl 17 tpi bulan januari saya ga haid setelah tgl 18 jauari saya tespek dann hasilnya positif. tapi saya ga mau hamil karna saya blm siap untuk punya anak lagi tolong saya dok saya harus gmn??

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*