10 Tips Menurunkan dan Menjaga Berat Badan Dengan Mudah

Banyaknya penyakit yang menyerang tubuh kita membuat kita harus peduli terhadap kesehatan. Karena kalau bukan kita, siapa lagi? Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah masalah berat badan karena dengan berat badan yang berlebih menyebabkan kita rentan terhadap penyakit.

Selain berupaya menurunkan berat badan menjadi ideal dengan diet sehat, kita pun harus menjaga berat badan pada posisi yang stabil. Lantas, bagaimana cara menurunkan dan menjaga berat badan yang bisa dilakukan dengan mudah?

tips menurunkan dan menjaga berat badan ideal

Berikut ini adalah 10 tips menurunkan dan menjaga berat badan dengan mudah:

1. Mengonsumsi cukup air putih setiap hari

Yakinkan Anda minum pada 8 – 10 gelas air /hari, atau seputar 1, 8 liter air. Itu untuk melindungi badan mempunyai cairan yang cukup, membuat lancar metabolisme lemak, serta membakar kalori semakin banyak.

Air mempunyai segudang faedah, oleh karenanya makanlah air dalam jumlah maksimal. Mengonsumsi air dalam jumlah cukup pula bakal kurangi konsumsi berbagai tipe minuman, umpamanya softdrink, yang dapat dibuktikan berefek jelek untuk kesehatan serta berat badan.

2. Jangan lewatkan sarapan

Makan pagi atau sarapan tak bisa dikira remeh. Sudah dibuktikan serta adalah kenyataan bahwa makan pagi menolong menstabilkan metabolisme badan selama seharian. Makan pagi pula menolong mengontrol selera makan.

Lantaran mereka yang melupakan sarapan umumnya mempunyai selera atau hasrat makan yang amat tinggi pada siang serta malam harinya. Akan tetapi, cermati konsumsi sarapan yang akan Anda santap. Usahakan menyantap makanan memiliki serat serta sehat seperti buah-buahan, sayur-sayuran, serta beberapa makanan rendah gula yang lain.

3. Berolahraga minimal 30 menit per hari

Siapkan waktu sedikitnya 30 menit /hari untuk berolahraga secara rutin. Maksudnya ialah hal ini untuk melindungi kegiatan metabolisme badan terus lancar. Anda dapat mengawalinya dengan berolahraga enteng seperti jalan kaki sampai beragam olahraga yang baik untuk turunkan kalori.

4. Makanan ringan yang menyehatkan

Bila Anda tak bisa hindari konsumsi makanan ringan di antara makan besar, yakinkan makanan ringan yang Anda makan ialah makanan ringan yang sehat. Sebisa mungkin jauhi junk food, serta tentukan alternatif lain yang menyehatkan serta rendah lemak, gula, dan juga  kalori.

5. Tidur yang cukup

Beragam riset mengatakan bahwa sedikit tidur tak terkait dengan penurunan berat badan serta malah bisa tingkatkan berat badan. Anda memerlukan sedikitnya 7 – 8 jam untuk tidur. Tidur yang cukup melindungi kesehatan badan serta menghindari Anda dari jumlah makan berlebihan serta konsumsi makanan yang tak sehat.

6. Memperbanyak konsumsi serat

Seperti yang sudah dijelaskan, makanan kaya serat bakal bikin Anda cepat kenyang serta membuat lancar proses pencernaan. Memperbanyak mengonsumsi buah fresh serta sayuran mentah. Konsumsi makanan memiliki serat tinggi pula bakal bikin rasa kenyang lebih lama.

7. Tingkatkan motivasi

Motivasi diri Anda sendiri bahwa hidup sehat serta berat badan ideal ialah hal utama. Kelebihan berat badan serta obesitas mempunyai banyak dampak jelek serta kemungkinan penyakit yang amat tinggi.

Katakan juga pada rekan serta keluarga tentang program diet serta manajemen berat badan yang tengah Anda kerjakan. Support orang seputar dan pemahaman dari mereka bakal bikin usaha yang Anda kerjakan makin bermakna serta menyajikan suasana yang kondusif untuk pengerjaannya.

8. Dapatkan partner

Bakal tambah baik bila Anda dapat mempunyai partner untuk lakukan beragam usaha untuk turunkan berat badan. Anda serta rekanan Anda bisa sama-sama mengontrol, mengingatkan, serta bikin tujuan berbarengan hingga usaha penurunan berat badan jadi makin optimal. Kegiatan berolahraga serta konsumsi makanan sehat juga dapat jadi lebih mengasyikkan.

9. Buat jurnal kegiatan makan

Memanglah agak aneh, namun berbagai studi tunjukkan bahwa beberapa orang yang senantiasa menuliskan apa yang sudah mereka makan lebih mawas pada apa yang bakal mereka makan setelah itu serta dapat lakukan kontrol dan pilih konsumsi makanan yang benar.

Dengan cara mendasar, Anda bakal “merasa bersalah” bila di suatu sisi jurnal, Anda membaca bahwa di suatu saat Anda mengonsumsi makanan yang nyatanya tak baik untuk program diet yang Anda lakoni.

10. Kontrol jumlah makan

Banyak dari kita yang makan terlampau banyak, karena rasa kenyang datang terlambat atau lantaran kerakusan kita dalam menyantap makanan. Bahkan juga jumlah makanan sehat juga bakal berisiko jelek bila porsinya terlalu berlebih. Pikirkan tentang jumlah makan. Bila perlu atur saat makan yang jitu serta untuk jumlah makan Anda.

Demikianlah tadi ulasan kita pada kesempatan kali ini, dengan 10 tips menurunkan dan menjaga berat badan tersebut semoga dapat menjadi referensi yang bermanfaat dalam menjaga berat badan proporsional agar penampilan tetap terjaga sekaligus demi menjaga kesehatan.

About Arief 21 Articles
Seorang mahasiswa yang sedang berjuang menamatkan kuliah. Penulis, weekend photographer, dan gamer musiman. Punya cita-cita traveling ke Spanyol tapi belum kesampaian.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*