Usia Berapa Bayi Bisa Melihat Dengan Jelas?

Bayi yang baru saja lahir, sudah tentu belum mampu melihat keadaan di sekitarnya dengan sempurna. Namun, seiring dengan usia bayi yang bertambah dari waktu ke waktu, maka indra penglihatnya akan berfungsi dengan baik secara bertahap.

Pada kesempatan kali ini kita akan bahas kapan bayi bisa melihat dan bagaimana tahapan-tahapan perkembangan indra penglihatan bayi berdasarkan usianya.

usia berapa bayi bisa melihat

Berikut ini adalah tahapan perkembangan kapan bayi akan bisa melihat:

Advertisement

Usia 0-3 bulan

Di saat bayi baru saja lahir, ia hanya mampu mendeteksi cahaya serta gerakan yang tertangkap matanya. Di awal usia 3 bulan, penglihatannya akan mengalami peningkatan dan ia akan mulai mengikuti setiap gerakan yang terlintas di depannya. Selain itu, ia akan belajar untuk mengenal berbagai warna yang berbeda – beda. Untuk itu, dukung perkembangan bayi dengan memberikan mainan yang sesuai dengan umurnya dan bermanfaat untuk menstimulasi kemampuan otak dan indranya.

Usia 4-5 bulan

Di usia 4 sampai 5 bulan, buah hati Anda akan belajar mengenali bentuk, volume benda yang ia lihat. Hal ini akan mengaitkan kemampuan otak, indra penglihat, dan indra peraba.

Usia 6-8 bulan

Usia selanjutnya, yakni usia 6 sampai 8 bulan kemampuan melihat bayi hampir mendekati sempurna meski ia akan lebih fokus terhadap benda – benda yang berada dekat dengannya.

Advertisement

Sebenarnya, pertumbuhan dari fungsi indra penglihatan bayi akan terhenti di saat ia berumur 8 bulan, meskipun demikian secara gradual penglihatannya akan mengalami perkembangan yang semakin lebih baik juga sempurna, dan ini akan berlangsung hingga ia berusia 6 tahun.

Maka dari itu, sebagai orang tua disarankan untuk mengupayakan stimulasi tumbuh dan kembang buah hatinya dengan berbagai aktivitas dengan memanfaatkan benda atau warna yang dapat menunjang pertumbuhan fungsi dari penglihatannya tersebut.

BACA JUGA  10 Cara Mengatasi Kulit Wajah Bayi Kering, Bersisik, dan Mengelupas

Tips menjaga kesehatan indra penglihatan bayi

Setelah mengetahui tahap perkembangan dari penglihatan bayi Anda sejak ia baru saja lahir, maka akan lebih baik lagi jika Anda juga mengetahui apa saja gangguan penglihatan yang terjadi pada bayi. Agar jika suatu saat nanti terjadi gejala atau kelainan pada penglihatan bayi Anda, akan segera terdeteksi gejala apa yang sudah terjadi berikut dengan penanganannya.

Jika memang buah hati Anda mengalami gangguan pada indra penglihatnya, maka segera bawa ke dokter untuk dilakukan tes dan perawatan yang lebih intensif.

Saat bayi Anda baru saja lahir, maka sebelum meninggalkan klinik atau rumah sakit tempat di mana Anda menjalani proses persalinan sebelumnya, ada baiknya Anda meminta dokter atau bidan yang bersangkutan untuk memeriksa mata bayi Anda.

Untuk selanjutnya, disarankan melakukan cek mata pasca melahirkan secara rutin, terlebih jika bayi Anda berumur 6 hingga 8 minggu.

Dan jika dalam keluarga Anda ada yang mempunyai riwayat gangguan mata, maka Anda perlu waspada terhadap indra penglihatan buah hati Anda. Selain itu, bayi yang lahir secara prematur juga lebih rentan mengalami gangguan pada penglihatannya.

Itulah ulasan singkat yang diharapkan dapat bermanfaat terkait dengan kapan bayi akan bisa melihat. Semoga dapat menjadi referensi yang bermanfaat untuk Anda selaku orang tua.

Pengunjung Cara Tips Kesehatan:

  • usia berapa mata bayi berfungsi
Advertisement
About Arief 21 Articles
Seorang mahasiswa yang sedang berjuang menamatkan kuliah. Penulis, weekend photographer, dan gamer musiman. Punya cita-cita traveling ke Spanyol tapi belum kesampaian.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*